Minggu, 18 Juni 2017

Tugas 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (materi 3)

Tugas 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Nama   : Khalidah Zazkya
Kelas   : 1PA12
NPM   : 13516893
Gerhana Bulan


Gerhana bulan adalah fenomena yang jarang terjadi di bumi. Fenomena gerhana bulan merupakan fenomena tertutupnya bulan oleh bayangan dari bumi sehingga bulan akan nampak terkikis hingga akhirnya hilang dan tidak terlihat lagi. Fenomena ini terjadi ketika posisi bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus. Dan posisi yang unik ini tidak terjadi secara terus-menerus namun hanya terjadi beberapa kali atau setiap periode saja.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan
Gerhana bulan merupakan satu peristiwa yang terjadi ketika kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garus lurus, sehingga bayangan bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan bulan. Hal ini mengakibatkan sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi. Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan matahari, meskipun hanya selisih beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini  terjadi sebagai berikut:
  • Dimulai ketika bulan yang bersinar terang tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut tidak lain karena adanya bayangan dari bumi.
  • Setelah itu sedikit demi sedikit bulan yang bulat akan tertutup hingga bulan hanya terlihat sebagian dan akan terlihat meyabit.
  • Setelah bulan menjadi sabit, lama-kelamaan bulan akan menghilang karena tertutup penuh oleh bayangan bumi. Ketika saat inilah tidak ada yang dapat melihat bulan dan bulan seperti menghilang.
  • Setelah bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian bulan kembali muncul dari arah pertama kali bulan menghilang. Munculnya bulan ini dimulai dari bulan yang berbentuk sabit, setelah itu bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat dan menjadi ukurannya menjadi setengah lingkaran, hingga semakin lama akan semakin utuh dan tampak seperti semula.
Jenis-jenis Gerhana Bulan
Gerhana bulan yang terjadi di bumi ini ternyata dibedakan menjadi beberapa jenis. Secara umum gerhana bulan ini dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1.      Gerhana bulan total
Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan ketika semua bagian dari bulan akan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan total ini dapat dibedakan lagi menjadi dua macam, yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan total +
  • Gerhana bulan total adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan berada tepat pada daerah NTT, dan pada saat itu warna bulan menjadi merah namun warna merah tersebut tidaklah rata.
  • Gerhana bulan total + adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan melalui titik pusat daerah umbra (daerah diantara bumi dan juga bulan yang tidak terkena cahaya matahari atau yang gelap), dan pada saat itu warna bulan menjadi merah merata. Warna merah pada bulan ini ada hubungannya dengan lapisan atmosfer bumi. Di suatu daerah tertentu atau suatu negara tertentu, gerhana bulan total akan terlihat lebih merah dibanding di daerah lain. Hal ini menandakan bahwa jika bulan berwarna lebih merah, maka suatu tempat tersebut memiliki tingkat polusi yang semakin kuat.
2.      Gerhana Bulan Sebagian
Pada gerhana sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Karena  sebagian permukaan bulan yang lainnya berada di daerah atau area penumbra. Dan sebagian dari sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan dan dapat dilihat manusia dari bumi.

3.      Gerhana Bulan Penumbra
Gerhana bulan penumbra adalah ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra (merupakan daerah diantara bumi dan juga bulan yang terkena sinar matahari atau daerah di antara bumi dan matahari yang masih tersinar oleh sinar matahari). Dengan demikian bulan masih dapat terlihat oleh manusia yang berada di bumi meskipun secara samar-samar dan dengan warna yang suram (kurang jelas).








Sumber :
http://ilmugeografi.com/fenomena-alam/gerhana-bulan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...