Selasa, 27 Juni 2017

Tugas 8 - Teori Evolusi, Seleksi Alam dan Adaptasi

Nama : Tria Kartika
NPM : 17516439
Kelas : 1 PA 12
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

1. Teori Evolusi
Evolusi merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang artinya membuka gulungan atau membuka lapisan. Kemudian bahasa itu diserap menjadi bahasa inggris evolution yang berarti perkembangan secara bertahap. Dalam kajian biologi evolusi dapat dikatakan sebagai perubahan pada sifat-sifat pewarisan suatu mahluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya yang disebabkan oleh kombinasi 3 proses, yaitu : variasi, reproduksi, dan seleksi. Teori evolusi identik dengan Charles Darwin. 
Charles Darwin merupakan seorang tokoh yang memiliki teori evolusi yang dapat diterima oleh dunia ilmu pengetahuan, karena memiliki data yang lengkap untuk menguatkan teori evolusi. Darwin menyatakan ada tiga kenyataan dalam mengembangkan teori evolusi, yaitu:
1) Bukti fosil yang menunjukkan kehidupan dimasa lampau.
2) Persamaan antara tumbuhan dan binatang peliharaan dengan tumbuhan dan binatang liar yang hidup dialam bebas.
3) Setiap spesies cenderung untuk bertambah, sehingga timbul persaingan untuk mempertahankan keberadaannya di alam.
Inti pokok dari teori Darwin adalah:
1) Spesies yang hidup pada masa sekarang berasal dari makhluk hidup pada masa lampau.
2) Evolusi terjadi karena proses seleksi alam (natural selection).
Faktor yang mempengaruhi evolusi.
Faktor dari dalam/ faktor gen.
a) Mutasi Gen.
Meskipun mutasi itu kecil peranannya dalam evolusi namun melalui mutasi dapat dibuktikan fakta baru yang disusun melalui berbagai kombinasi sebagai bahan baku dalam seleksi alam yang menghasilkan suatu proses evolusi.
b) Rekombinasi gen.
Rekombinasi gen adalah penggabungan beberapa gen induk jantan dan betina ketika pembuahan ovum oleh sperma yang menyebabkan adanya susunan pasangan gen yang berbeda dari induknya. Akibatnya adalah lahirnya varian spesies baru.
Faktor dari luar / lingkungan.
a) Seleksi alam
Yang dimaksud seleksi adalah bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya. Faktor yang menyebabkan seleksi alam adalah, suatu variasi makhluk hidup yang cocok dengan keadaan lingkungannya mempunyai kemungkinan besar untuk dapat bertahan hidup.
b) Peran Isolasi dalam pembentukan spesies baru.
Melalui isolasi dapat ditetapkan bahwa perbedaan genetik organisme-organisme yang hidup disekitar kita telah mengalami peristiwa evolusi menuju pembentukan suatu spesies baru. 

2. Adaptasi
Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. Seperti penjelasan Darwin, Seleksi alam adalah penyebab diketahui dari adaptasi.
Organisme akan mengembangkan sifat-sifat mereka sendiri untuk menghadapi tantangan lingkungan untuk bertahan hidup sendiri dengan proses adaptasi. Para anggota yang mengembangkan sifat-sifat adaptif akan bertahan di lingkungan dan mampu meneruskan sifat mereka, yang bertanggung jawab untuk adaptasi ini, generasi berikutnya. Ciri-ciri adaptif dapat menyebabkan perubahan struktural, perilaku, atau fisiologis dalam organism.
Macam-macam Adaptasi
1) Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi morfologi mudah diamati, dan biasanya disebabkan karena adanya perbedaan jenis makanan dan habitat.
2) Adaptasi Fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah upaya penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Biasanya adaptasi fisiologi melibatkan zat-zat kimia tertentu untuk membantu proses metabolisme tubuh. Adaptasi fisiologi ini dapat terjadi pada semua makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, maupun manusia.
3) Adaptasi Tingkah Laku
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Adaptasi tingkah laku lebih mudah diamati daripada adaptasi fisiologi. Adaptasi tingkah laku ini biasanya berhubungan erat dengan makanan, udara dingin, dan sistem pertahanan.


Sumber :
http://bagusyogohutomo.blogspot.co.id/2014/06/adaptasi-dan-evolusi.html
http://usaha321.net/perbedaan-seleksi-alam-dan-adaptasi.html
http://jumridahusni.blogspot.co.id/2011/07/adaptasi-dan-evolusi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...