Senin, 26 Juni 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar#8

Nama   : Hilda Khoerunisa
NPM   : 13516309
Kelas   : 1PA12

1.      Teori evolusi
Teori evolusi Charles Darwin adalah teori yang didasarkan pada teori seleksi alam. Pertama kali dikemukakan dalm bukunya yang berjudul “ On the Origin of Species” pada tahun 1859.
Teori ini memeliki konsep bahwa spesiaes yang berhasil beradaptasi dengan baik akan terus bertahan hidup, sedangkan yang tidak dapat beradaptasi akan punah.
Charles Darwin melakukan oenelitihan tentang tumbuhan dan hewan untuk memperlajari tentang proses evolusi. Pengamatan yang ia lakukan di kepulauan Galapagos. Ditempat ini ia menyadari konsep dasar evolusi bahwa burung Finch yang mendiami pulau-pulau berbeda memiliki sedikit perbedaan pada bentuk dan ukuran paruh mereka. Perbedaan itu dipengaruhi oleh makanan yang tersedia diwalayah yang didiami oleh setiap buruh tersebut.
Ringkasan hasil observasi teori Drwin dapat dikelompokan menjadi tiga intisari. Pertama, seleksi alam terjadi karena adanya perbedaan keberhasilan pada reproduksi organisme, yaitu adanya ketidakseimbangan antara kemampuan bertahan hidup dan bereproduksi. Kedua, seleksi alam terbentuk dengan yang diwarisi organisme. Ketiga, produk seleksi alam merupakan adaptasi organisme suatu populasi terhadap lingkungannya.
Teori yang dikemukakan Darwin sangat dipengaruhi oleh hal-hal berikut:
1.      Eksoedisinya ke kepulauan Galapagos (kura-kura raksasa). Ditempat ini Darwin menemukan berbagai macan bentuk paruh burung Finch. Terjadinya keanekaragaman ini disebabkan oleh perbedaan jenis makanannya.
2.      Pendapat Charles Lyell dalam bukunya “Principles of Geology” uang menyatakan bahwa batuan, pulau, dan benua selalu mengalami perubahan. Menurut Darwin peristiwa ini kemungkinan dapat mempengaruhi makhluk hidup.
3.      Pendapat Thomas Robert Malthus dalam bukunya “An Essay on the Principle of Population” yang menyatakan adanya kecenderungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat dari pada kenaikan produksi pangan. Hal ini menurut Darwin menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk kelangsungan hidup.
Berdasarkan tiga hal tersebut akirnya ia menulis bukunya yang mengandung dua pemahaman bahwa:
·         Spesies sekarang berasal dari spesias dahulu.
·         Terbentuknya spesies karena seleksi alam.
2.      Adaptasi
Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makluk hidup dalam menyesuaikan disi dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. Adaptadi diperlukan oleh makhluk hidup karena beberapa hal, yaitu: untuk bertahan hidup (melindungi diri dan memenuhi kebutuhan hidup) dan untuk berkembangbiak.
            Jenis-jenis adaptasi:
·         Adaptasi morfolog
Adalah kemampuan makluk hidup dalam menyesuakan diri dengan lingkungan agar dapat bertahan hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh dalam jangka waktu yang lama melalui tahapan evolusi. Contoh: gigi singa yang runcing dan tajam untuk makan daging, sedangkan gigi sapi tidak runcing dan tajam karena giginya lebih banyak dipakai untuk memotong rumput atau daun dan menguyah makanan.
·         Adaptasi fisiologi
Merupakan usaha dalam menyesuaian fungsi alat-alat tubuh terhadap lingkungan dnegan melibatkan zat-zat kimia tertentu dalam membantu proses metabolism tubuh. Contoh: pada onta terdapat kantung air di punduknya untuk menyimpan cadangan air agar tetap bertahan hidup di padang pasir dalam jangka waktu yang lama.
·         Adaptasi tingkah laku
Penyesuaian diri dengan lingkungan berupa mengubah atau menyesuaikan tingkah laku atau perubahan sebagai upaya dalam memertahankan hidupnya. Contoh: bunglon yang dapat berubah warna kulit sesuai warna yang ada di lingkungan sekitar dengan tujuan melindungi dirinya dari pemangsa.



Daftar pustaka:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...