Senin, 19 Juni 2017

TUGAS MIAD #7 Ni Luh P. Kintan .A.

Nama   : Ni Luh Putu Kintan .A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392
TUGAS 7 MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR
TEORI – TEORI TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA
1.      Teori Keadaan Tetap
-          Teori yang dikemukakan oleh H. Bondi, T. Gold dan F. Hoyle dari Universitas Cambridge pada tahun 1948.
-          Teori ini menyatakan bahwa alam semesta itu tidak ada awalnya dan tidak ada akhirnya.
-        Berdasarkan prinsip kosmologi, teori ini menyatakan bahwa alam semesta di manapun dan selalu sama, di tunjang oleh kenyataan bahwa galaksi baru itu mempunyai jumlah yang sebanding dengan galaksi lama. Jadi, teori ini beranggapan bahwa alam semesta itu tak terhingga besarnya dan tak terhingga tuanya.
-    Teori ini sangat populer pada awal abad ke – 20, tetapi sekarang teori ini ditolah oleh sebagian besar kosmolog profesional dan ilmuwan lain kaarena bukti pengamatan menunjukkan kebenaran model ledakan dahsyat dan usia alam semesta yang terbatas.

2.      Teori Big Bang.
-    Teori ini berpendapat bahwa alam semesta berasal dari kondisi yang padat dan panas, mengalami ledakan yang sangat dahsyat, kemudian mengembang sampai sekitar 13.700 juta tahun yang lalu.
-  Teori ini memiliki ide sentral yang menyatakan bahwa relativitas umum dapat di kombinasikan dengan hasil pemantauan skala yang besar pada pergerakan galaksi satu sama lain.
-   Dentuman besar atau ledakan dahsyat merupakan suatu peristiwa yang menimbulkan pembentukan alam semesta berdasarkan kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta.

3.      Teori Nebular.
-       Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Laplace pada tahun 1796.
-       Teori ini menyatakan bahwa tata surya terbentuk dari kondensasi awan atau kabut gas yang sangat panas dimana kondensasi itu membentuk bagian-bagian terpisah yang terus berputar.
-    Pada bagian tenah kondensat, partikel memusat dan memampat sehingga terbentuklah matahari. Pada partikel yang berada di sisi juga berputar dan membentuk planet – planet dan sisa kondensat membentuk satelit, asteroid, meteor dan lainnya.

TATA SURYA
1.      Matahari
-          Merupakan pusat dari tata surya.
-          Ukuran garis tengah matahari adalah seratus kali lebih besar dari bumi.
-       Matahari terdiri ata bagian inti dan lapisan kulit. Bagian kulit matahari terdiri ata lapisan fotosfera, khromosfera, dan korona.
-     Matahari mengeluarkan energi hasil reaksi nuklir yang sangat dahsyat di mana pancaran energi hasil reaksi nuklir pada bagian inti menghasilkan panas sebesar 15.000.000oC.

2.      Meteor
-    Merupakan penampakan jalur jatuhnya meteroid ke atmosfer bumi, atau yang disebut sebagai bintang jatuh.
-         Meteor atau yang disebut juga bintan gjatuh merupakan bagian dari asteroid yang terpisah. Meteor yang jatuh mengarah ke Bumi akan tampak seperti bola api.
-         Ketika terjadi hujan meteor, jutaan meteor masuk ke dalam atmosfer Bumi, tetapi sebagian besar terbakar habis sebelum mencapai permukaan bumi.

3.      Bulan
-    Merupakan benda angkasa berbentuk bulat yang beredar mengelilingi bumi dalam satu lintasan garis edar tertentu.
-     Diameter sekitar 3.476 km atau sekitar tiga perempat diameter bumi, jarak rata-rata ke Bumi sekitar 384.000 km.
-   Periode revolusi bulan terhadap Bumi sekitar 27,3 hari atau satu bulan ideris, yaitu peredaran Bulan mengelilingi Bumi dalam satu lingkaran penuh.

4.      Bintang
-   Merupakan benda langit luar agkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya.
-       Menurut ilmu astronomi, bintang merupakan semua benda masif yang sedan gdan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reakis fusi nuklir.
-      Tercipta di dalam awan molekul, dimana molekul tersebut adalah sebuah daerah medium antar bintang yang luas dengan kerapatan yang tinggi.

5.      Bumi
-          Merupakan planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya, dimana usianya mencapai 4,6 milyar tahun.
-          Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa.
-   Bumi mempunyai massa seberat 59.760 milyar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi.
-          Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...