Selasa, 20 Juni 2017

MIAD #8 Ni Luh P. Kintan .A.

Nama   : Ni Luh Putu Kintan .A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392
TUGAS 8 MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR
           
            Evolusi adalah seleksi alam, karena dapat diuji secara ilmiah dalam semua lingkungan. Idea seleksi alam ini merupakan idea yang mampu diterima semua ilmu dan hanya teori ini yang dikalim bisa mempersatukan pendapat-pendapat berbeda dalam biologi.
            Sejarah munculnya teori sebenarnya baru dimulai pada tahun 1859, dengan dipublikasikan buku On The Origin of Species. Kenyataan bahwa makhluk hidup beraneka ragam dan mengalami perubahan sudah teramati sejak lama, namun hal tersebut tidak melahirkan konsep-konsep evolusi sebagaimana yang terjadi pada masa Darwin. Menurut Parmedines, ia menyatakan bahwa sesuatu yang terlihat adalah suatu ilusi. Namun berbeda dengan Heraclitus, ia justru menyatakan bahwa dalam perjalanan hidupnya makhluk hidup selama mengalami proses yang tetap, yang dikenal dengan teori Fixise.
            Teori tersebut muncul sekitar 1 atau 2 abad sebelum adanya Teori Darwin. Semua kegiatan biologis dianggap tetap seperti apa adanya, tidak ada perubahan. Namu para Naturalis dan Philosophy sering berspekulasi bahwa terjadi transformasi spesies. Pada tahun 250 tahun SM, Anaximander, ahli yang berasal dari Yunani menyatakan bahwa manusia berasal dari makhluk yang menyerupai ikan. Selain Anaximander, Empedocles yang berbau evolusi namun janggal kedengarannya menyatakan bahwa manusi dan binatang lainnya berasal dari bagian-bagian kepala, badan, dan tangan yang terpsah-pisah, yang pada makhluk tertentu ketiganya tumbuh menjadi satu, sedangkan makhluk lainnya hanya kepala dan badan yang tumbuh seperti pada ikan yang artinya ada yang pertumbuhannya lengkap dan ada yang tidak lengkap.
            Pada tahun 1859, Charles Darwin mengeluarkan buku yang berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Selection or the Preservation of Favoured Races in The Struggle of Life. Di dalam bukunya ini ditekankan bahwa untuk dapat bertahan hidup perlu adanya perjuangan untuk hidup agar tidak punah. Konsep perubahan secara evolusi dari makhluk hidup merupakan kesimpulan Darwin dari adanya fosil-fosil yang ditemukan pada permulaan abad 19. Apa yang ditemukan tersebut berbeda dengan makhluk yang ada sekarang dan walaupun tidak sepenuhnya meyakinkan, fosil pada lapisan berbeda, berbeda pula dan dari lapisan satu ke lapisan berikutnya, terlihat adanya perubahan berkesinambungan tersebut perlu pengamatan dan interpretasi yang tajam.
            Fakta yang menjadi dasar Teori Darwin yang dikenal sebagain prinsip-prinsip alam Darwin yang salah satunya adalah seleksi alam. kenyataan terdapatnya keberhasilan perjuangan untuk hidup yang tidak sama antar individu disebabkan ada individu yang lebih sesuai karena memiliki ciri-ciri yang lebih sesuai dari yang lainnya. Individu yang lebih sesuai inilah yang berhasil dalam perjuangan untuk hidup. Individu yang lebih berhasil inilah yang mempunyai peluang lebih besar untuk melanjutkan keturunan dan sekaligus mewariskan ciri-cirinya pada generasi turunannya. Sebaliknya individu yang kurang berhasil lama kelamaan akan tersisih dari generasi ke generasi.
            Makna utama wawasan Darwin dalam teori ini adalah bahwa evolusi memang terjadi, dan bahwa evolusi organik tersebut terjadi karena peristiwa seleksi alam. Dalam hubungannya dengan teori seleksi alam Darwin, terdapat kesan yang cukup kuat bahwa peristiwa seleksi alam adalah sebab utama terjadinya evolusi ( G.G. Simpson, Life : An Introduction to Biology, 1957 ), disamping itu peristiwa seleksi alam diartikan sebagai suatu perjuangan langsung antar individu spesies ataupun antar spesies.
            Adaptasi merupakan salah satu konsep krusial dari teori-teori evolusi. Dalam hal ini, satu tujuan utama biologi evolusi moderen adalah untuk menjelaskan bentuk-bentuk adaptasi yang kita temui pada kehidupan organisme di dunia. Adaptasi menunjuk kepada bentuk makhluk hidup yaitu suatu bentuk organ makhluk hidup yang berubah agar makhluk hidup tersebut dapat bertahan hidup dan bereproduksi di alam.
            Konsep adaptasi menjadi mudah dipahami dengan dibantu contoh-contoh dimana banyak atribut pada suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengilustrasikan adaptasi, karena kebanyakan ciri atau karakter berupa struktur, metabolisme dan tingkah laku suatu makhluk hidup akan terbentuk agar mereka dapat bertahan hidup. Contoh yang sering digunakan oleh Darwin adalah burung finch.
            Adaptasi adalah suatu konsep yang tidak hanya terbatas menunjuk kepada beberapa sifat khusus pada suatu kehidupan. Pada manusia, sebagai contoh, menggunakan hampur setiap bagian tubuh. Meskipun kebanyakan yang teramati tercatat sebagai adaptasi, tidak setiap bentuk dan tingkah laku detail dari organisme dapat beradaptasi. Darwin memperkenalkan adaptasi sebagai masalah kunci pemecahan setiap teori evolusi.

http://www.pecintaipa.info/2015/11/sejarah-teori-evolusi-makhluk-hidup.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...