Minggu, 23 Oktober 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR



TUGAS ILMU BUDAYA DASAR


Nama         : Silfani Anafika

NO.NPM   : 17516041

Kelas          : 1 PA 12


      Jelaskan mengapa generasi muda lebih mudah menerima kebudayaan asing dari pada generasi tua.
Jawab :

Karena semakin berkembangnya teknologi dan informasi dan masuknya budaya asing di Indonesia dapat dengan cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sehingga masuknya budaya asing diindonesia tidak dapat diimbangi dengan baik oleh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dan generasi tua. Generasi muda jauh lebih cepat dalam menerima masuknya budaya asing, sedangkan generasi tua jauh lebih lama dalam menerima masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing yang tidak dapat diimbangi oleh masyarakat Indonesia membuat masyarakat mempunyai pola asumsi dan pola pemikiran yang berbeda. Generasi muda contohnya : mereka lebih cepat menangkap dan mengikuti apa yang menjadi trend dan pola kehidupan budaya asing. Seperti : music ,pakaian, makanan, minuman dan pola perilaku. Mereka yang lebih senang menyukai music-musik rock,metal,reggae,punk,jazz dan music club. Begitu pun dengan pakaian mereka lebih senang mengikuti pakaian budaya asing yang terbuka dan tidak tertutup. Sedangkan generasi tua jauh lebih lama menangkap, mereka lebih menelaah atau melihat dari sisi negative dan sisi positifnya. Generasi tua lebih senang melestarikan budaya-budaya daerah asli Indonesia seperti: tarian tradisional, makanan dan minuman tradisional serta pakaian yang lebih kental dengan masing-masing daerah dan tertutup. Masuknya budaya asing sendiri pasti mempunyai dampak positif dan negative dalam perkembangannya. Dampak positifnya seperti kita lebih mudah mengerjakan segala sesuatu dengan bantuin teknologi yang canggih, lebih percaya diri dalam berpenampilan style atau fashionable, lebih pandai dalam bergaul dan mencari wawasan. Sedangkan dampak negatifnya masyarakat selalu mengandalkan teknologi, pakaian yang terbuka dan tidak sepantasnya serta pola perilaku yang buruk. Jadi generasi muda lebih mudah menerima dan menangkap masuknya budaya asing ketimbang generasi tua yang lama dan butuh waktu untuk mereka bisa mengikuti perkembangan yang sekarang.



Carilah sebuah daerah yang telah mengalami perubahan budaya.
Jawab :

Nuansa Timur Tengah di Kawasan Puncak , Bogor Jawa barat
KOMPAS ,Berwisata di Taman Bunga Nusantara.
Pesona alam pegunungan di kawasan Puncak di Bogor dan Cianjur memikat hati warga Timur Tengah. Mereka berduyun-duyun berwisata ke kawasan tersebut selama berhari-hari hingga berminggu-minggu.
Panorama alam yang hijau, elok, disertai udara sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong dari negara-negara bergurun pasir tersebut.
Dalam lima tahun terakhir, kunjungan wisatawan asal Arab Saudi dan sejumlah negara di Jazirah Arab, seperti Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, dan Yaman, meningkat pesat.
KOMPAS, Wisatawan asal Timur Tengah bermain di kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Setidaknya, saban bulan, 1.000-1.500 pelancong datang ke kawasan ini. Meningkatnya jumlah wisatawan asal Timur Tengah itu juga membawa banyak perubahan di kawasan Puncak.
Yang paling menonjol adalah tumbuhnya sejumlah tempat usaha pendukung wisata, seperti restoran, swalayan, jasa pangkas rambut, dan tempat penukaran uang. Semuanya membidik konsumen pendatang asal Timur Tengah. Berwisata di Taman Bunga Nusantara, Jawa Barat.
Perubahan ini membawa konsekuensi. Di satu sisi, kunjungan wisatawan asal Timur Tengah turut memutar perekonomian warga setempat.
Namun, di sisi lain, kentalnya nuansa Arab di kawasan ini berdampak terhadap sosial-budaya setempat.









*      Analisis factor  yang menyebabkan daerah tersebut menerima kebudayaan baru.

Karena adanya perkembangan bisnis dan perdagangan yang mampu bersaing dan dapat diterima baik oleh masyarakatnya di daerah Puncak Bogor, Jawa barat.  tumbuhnya sejumlah tempat usaha pendukung wisata, seperti restoran, swalayan, jasa pangkas rambut, dan tempat penukaran uang. Semuanya membidik konsumen pendatang asal Timur Tengah. Berwisata di Taman Bunga Nusantara, Jawa Barat.
kunjungan wisatawan asal Timur Tengah turut memutar perekonomian warga setempat. Sehingga masyakarat daerah tersebut mampu menerima masuknya budaya baru.

*      Jelaskan penyebarannya dalam bentuk apa.

Salah satu bentuk penyebarannya adalah melalui jalur perdagangan. Yang awalnya orang Timur Tengah tersebut hanya untuk berdagang mencari keuntungan kemudian malah menetap dan semakin berkembang sehingga mampu mempunyai keturunan akibat terjadinya pernikahan orang Timur Tengah dengan orang pribumi.







*      Jelaskan bagaimana cara anda mempertahankan kebudayaan daerah anda sendiri.

Menurut saya cara mempertahankan kebudayaan kita sendiri adalah dengan melestarikannya dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke Negara asing atau keluar negeri . kita juga harus memperkenalkan kebudayaan indonesia kepada anak dan cucu kita nantinya untuk di masa depan. Kita juga tidak boleh terpengaruh dengan cepat oleh budaya asing. Agar budaya kita tidak cepat punah ada kalanya kita selalu mempunyai rasa nasionalisme terhadap negara kita sendiri yaitu Negara Indonesia. Bhineka tunggal ika yang selalu di pakai harusnya tidak menjadikan Negara Indonesia cepat pudar dan cepat hilang dalam perkembangan jaman. Hal-hal kecil bisa kita lakukan untuk senantiasa mengingatkan asal daerah kita seperti : menonton pertunjukan wayang golek dan memakai baju adat ketika hari kartini berlangsung.

*      Bagaimana Cara anda agar tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan baru.

Yaitu dengan menumbuhkan rasa cinta dan rasa nasionalisme kita kepada Bangsa Indonesia. Mengubah pola pikir kita untuk menumbuhkan rasa dan kepedulian kita terhadap bangsa. Sehingga kita mampu membuat bangsa kita bisa selalu dalam Bhineka Tunggal Ika yang berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Khususnya untuk generasi muda jaman sekarang. Banyak generasi muda yang tidak memperdulikan kebudayaannya sendiri. Mereka lebih senang mengikuti perkembangan yang kebarat-baratan dan serba instan. Contohnya : menggunakan pakaian terbuka, minum-minuman alcohol, adanya perjudian, pergaulan bebas, seks bebas dan music yang kebarat-baratan. Kita bisa mengajarkannya pada generasi muda dengan mengganti hal-hal kebarat-baratan tersebut menjadi hal-hal yang jauh lebih postif . contohnya : dengan mengikuti tarian tradisional, menonton pertunjukan wayang golek dan memakai pakaian daerah khas yang kental. Jadi dengan begitu budaya asing yang masuk tidak dengan mudahnya dapat diterima masyarakat Indonesia.  


Daftar Pustaka
http://travel.kompas.com/read/2016/01/17/113200427/Nuansa.Timur.Tengah.di.Kawasan.Puncak















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...