Minggu, 23 Oktober 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar Nabila Sari Permata

Nabila Sari Permata
18516113
1PA12

Tugas:

1. Jelaskan mengapa generasi muda lebih mudah menerima kebudayaan asing daripada generasi tua (1 lembar)

Generasi tua yang lebih cenderung konservatif terhadap suatu perkembangan zaman dan memilih untuk menutup diri denga nmasuknya budaya asing itu dikarenakan dari timbulnya rasa tidak percaya dengan budaya asing yang dapat merusak atau merubah kebudayaan aslinya, pemikiran mayoritas kaum generasi tua ini lebih cenderung defensive dikarenakan PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder) merupakan suatu kondisi mental dimana seseorang memiliki trauma terhadap sesuatu yang disebabkan oleh hal-hal yang tidak menyenangkan,seperti korban perang atau saksi nyata perselisihan suatu budaya.

Hal ini membuat kebanyakan generasi tua bersikap paranoid karena takut, ada juga yang terdoktrin dari nenek moyangnya untuk mempertahankan kebudayaan asli karena menganggap kebudayaan asing sebagai penghancur atau pemecah belah kebudayaannya. Sedangkan, generasi muda lebih cenderung flexible dan dinamis mengenai perkembangan zaman.

Dikarenakan kaum generasi muda sudah dibantu dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga membuat mereka gampang mencaritahu tentang segala sesuatu, dan juga merubah pemikiran mereka terhadap suatu budaya. Kebanyakan kaum generasi muda lebih mudah menerima suatu kebudayaan karena menginginkan adanya perubahan kebudayaan yang ada, seperti ketika dulu wanita tidak terlalu ditekankan untuk bersekolah, namun sekarang banyak yang menginginkan agar kaum wanita untuk mendapat pendidikan yang layak.

2. Carilah sebuah daerah yang telah mengalami perubahaan budaya (Jurnal/Berita)



Pakaian tradisional Bali tempoe dulu yang menunjukan daerah sekitar dada baik untuk kaum lelaki maupun kaum perempuan sebagai salah satu tindakan dalam menunjukan makna kehidupannya. Menurut mereka,ini merupakan tindakan yang menunjukan sebuah kejujuran, dengan sebuah kejujuran yang terlihat dari apa yang dimiliki wanita-wanita Bali sebagai sesuatu hal yang sangat penting dapat memberikan kepercayaan bagi orang lain. Dengan pemikiran “Sebab jika buah yang dilarang itu tidak pernah disentuh, ia tidak akan layu. Jika buah itu masih segar, maka pemilik buah itu akan masih bisa dipercaya” menjadi alas an cara berpakaian orang bali zaman dulu.Akhirnya, pada beberapa tahun berikutnya muncul lah suatu pergerakan perempuan yang berasal dari wanita Bali untuk mengubah pakaian tradisionalnya menjadi lebih tertutup. Ini di dasari karena wanita-wanita yang memulai adanya pergerakan ini meneruskan sekolahnya di luar Bali, yang menyebabkan dia untuk meneliti cara berpakaian budaya asing seperti di Pulau Jawa untuk menerapkannya di kampung halamannya.

- Analisalah faktor yang menyebabkan daerah tersebut menerima kebudayaan lama

+ Mengikuti kegiatan nenek moyang
+ Merupakan salah satu kegiatan untuk menunjukan sesuatu tindakan

- Jelaskan penyebarannya dalam bentuk apa
Pakaian tradisional, yang dulunya terbuka menjadi lebih tertutup. Yang mengakibatkan adanya akulturasi pakaian tradisional dari pulau Jawa.

- Jelaskan bagaimana anda mempertahankan kebudayaan daerah anda sendiri
Menolak kebudayaan asing yang dinilai negative dan lebih mencintai budaya sendiri dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar tidak mati

-Jelaskan bagaimana cara agar anda tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan baru

Lebih selektif lagi dalam memilah budaya mana yang akan diserap.

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...