Sabtu, 22 Oktober 2016

TUGAS IBD AINUN NIAMAH



Nama      : Ainun Ni’amah
NPM       : 10516422
Kelas      : 1PA12

Mengapa generasi muda lebih mudah menerina kebudayaan asing dari pada generasi tua?
Karena generasi muda mempunyai rasa ingin tahu tentang sesuatu yang mereka sukai dan berusaha untuk mencari tahunya. Sebagai contoh seperti yang kita lihat sekarang, dimana banyak anak-anak muda atau remaja yang sangat menyukai artis-artis dari korea, mereka mencari tahu tentang idola mereka kemudian tidak sedikit yang ingin tahu tentang budaya di Korea dan bahkan ada yang mempelajari bahasa Korea itu sendiri, baik itu melalui internet, informasi dari sesama penyuka Korea atau ada yang sampai datang ke negeri ginseng tersebut. Selain karena faktor keingin tahuan banyak juga diantara mereka yang hanya ikut-ikutan karena ingin disebut “gaul” atau yang sering kita dengar sekarang yaitu istilah “kekinian” mereka berusaha mengikuti gaya sang idolanya dan karena terbiasa akhirnya mereka benar-benar menyukainya.
Sementara generasi tua, tidak mudah menerima kebudayaan asing karena mereka lebih dewasa dalam hal berpikir dan mengetahui mana budaya yang harus diterima dan mana budaya yang hanya perlu diketahui saja. Generasi tua cenderung menyukai budayanya sendiri karena mereka merasa nyaman dengan budaya-budaya yang ada di dalam lingkungannya. Mereka merasa bahwa budaya adalah jati diri bagi mereka. Banyak dari generasi tua yang masih menyukai karya-karya lama dari dalam negeri baik itu era tujuh puluhan, era delapan puluhan atau era sembilan puluhan. Karena mereka merasa kebudayaan asing yang mulai masuk ke dalam negeri tidak cocok dengan usia mereka yang sudah dewasa kalaupun mereka mengetahui tentanng budaya dari luar negeri mereka hanya sekedar mengetahui saja, tidak sampai ingin meniru gaya bahasa mereka, kostum yang mereka pakai, dan bahkan kehidupan sehari-harinya, seperti yang dilakukan oleh generasi muda.
Atau mungkin budaya asing sengaja masuk ke dalam negeri untuk mencari generasi-generasi muda sebagai pelestarinya nanti? Kita tidak mengetahui pasti. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih mencintai budaya kita sendiri dan melestarikan kebudayaan kita agar tidak tercampur atau bahkan sampai hilang karena adanya pengaruh budaya asing.

Daerah Yang Telah Mengalami Perubahan Budaya
            Muna merupakan daerah di Sulawesi selatan yang memiliki keaneka ragaman seni, budaya dan suku. Keberagaman ini menjadi aset yang sangat penting alam perkembangan pariwisata daerah. Bernagai macam kesenian-kesenian berkembang di kabupaten Muna diantaranya yaitu powele dan masih banyak lagi kesenian-kesenian tradisional lainnya. Salah satu bentuk dari tarian tradisional saat ini menjadi ciri khas jati diri daerah yang ada di kabupaten Muna yaitu silat tradisional powele di kecamatan Bone.
            Silat tradisional dapat diartikan sebagai hasil karya manusia yang mengandung keindahan dapat diekspresikan melalui gerakan ataupun ekspresi lainnya. Silat tradisional tersebut mempunyai daya tarik yang tinggidan bisa berfungsi sebagai media pendidikan tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya. Dalam silat tradisional powele sebenarnya memahami tentang nilai-nilai sosial budaya setempat seperti nilai-nilai tantang kesetiakawanan, kesabaran, pandangan hidup yang semua dapat dibentuk manusia yang tangguh dan mampu melindungi yang lemah serta dapat menuntun masyarakat sekitar dalam kedamaian.

Analisis Faktor Yang Menyebabkan Daerah Tersebut Menerima Kebudayaan Baru
Problematika kehidupan masyarakat Bone dapat dikaji dengan teori hegemoni. Wacana hegemoni yang dapat diterapkan untuk menelaah masalah mengapa mulai ditinggalkannya silat tradisional powele dalam masyarakat Bone. Dan telah diketahui penyebab pudarnya silat tradisional powele Kecamatan Bone adalah karena masyarakat atau generasinya menganggap silat tradisional adalah sesuatu yang kuno atau bagian dari masa lalu.

Jelaskan Penyebabnya Dalam Bentuk Apa
            Sebagai bukti bahwa silat powele kecamatan Bone kabupaten Muna telah mengalami perubahan adalah adanya model rekonstruksi silat powele sebagai kekayaan budaya masyarakat. Faktor penunjang dan penghambat tersebut dicurigai berasal dari dalam masyarakat Bone itu sendiri dan ada yang berasal dari luar masyarakat seperti pemerintah dan pihak-pihak lain. Begitu pula dengan kemungkinan melestarikan budaya silat tradisional powele sebagai strategi dalam mengembangkan identitas yang tidak terlepas dari peranan masyarakat, khusunya masyarakat kecamatan Bone dan adanya campur tangan pemerintah daerah.

Jelaskan Bagaimana Cara Anda Untuk Mempertahankan Kebudayaan Daerah
            Seiring dengan berkembangnya zaman, maka berkembang juga suatu teknologi, dimana kita bisa dengan mudah mengetahui berbagai macam informasi baik itu dari dalam negeri ataupun luar negeri. Banyak dintara masyarakat kita yang justru lebih menyukai budaya-budaya luar dibanding melestarikan budaya daerah asal mereka sendiri. hal ini terjadi karena kurangnya pengenalan kepada generasi-generasi muda tentang kebudayaan yang ada di daerah kita.
Salah satu cara agar kebudayaan di daerah tempat tinggal kita tetap bertahan adalah dengan selalu mengadakan pagelaran-pagelaran seni di daerah sekitar, yang bisa kita lakukan setahun sekali atau dua kali dalam setahun, untuk mengenalkan kepada generasi-generasi muda seperti apa keindahan budaya di daerah yang kita tinggali dan bagaimana asal-usul budaya tersebut. Dengan begitu generasi muda akan lebih mengenal budaya mereka dibandingkan dengan budaya asing. Pagelaran seni yang di buat juga harus memiliki keindahan dan tidak membuat orang  yang menyaksikan merasa bosan, misalnya menyelingi acara dengan unsur komedi atau dengan sesekali bermain games dengan para penonton.
Dari pagelaran seni tersebut kita juga bisa mengajak seorang penonton untuk berpartisipasi atau ikut serta melakukan kesenian-kesenian yang ditunjukkan kecuali jika itu adalah kesenian silat, karena silat perlu latihan khusus terlebih dahulu. Berbeda jika kita menunjukkan kesenian tari, permainan alat musik, atau lagu-lagu daerah, kita bisa mengajak penonton untuk mencoba melakukannya. Jika ada salah satu penonton yang diajak untuk mencoba memainkan kesenian tersebut maka penonton lain akan merasa penasaran dan ingin mengetahuinya juga. Dari situ ketertarikan seseorang akan kesenian atau budaya daerah akan muncul, dan akan sedikit lebih menerima budaya daerah dibandingkan budaya luar yang kita belum tahu pasti bagaimana asal-usul budaya tersebut.
Selain kesenian yang harus tetap kita lestarikan, bahasa daerah juga perlu untuk selalu dipertahankan. Jika ada seseorang yang tinggal di kota cukup lama, usahakan jangan melupakan bahasa daerah asal kita lahir dan dibesarkan. Karena bahasa juga termasuk jati diri bagi kita.
Selain organisasi masyarakat yang mengadakan pagelaran seni tersebut, orang tua juga harus mengenalkan budaya-budaya daerah di dalam keluarganya khususnya kepada anak-anaknya sebagai penerus atau generasi-generasi muda, dan pemerintah beserta lembaga lainnya juga harus lebih tegas terhadap masuknya budaya asing dan membuat peraturan-peraturan agar tidak sembarang orang asing bisa masuk ke Indonesia.

Jelaskan Bagaimana Cara Agar Tidak Mudah Terpengaruh Kebudayaan Baru
            Kebudayaan barat sudah mendominasi segala aspek. Segala hal selalu mengacu kepada barat. Peradaban barat telah menguasai dunia. Banyak perubahan-perubahan yang terjadi di dunia ini. Budaya daerah perlahan-lahan semakin punah. Indonesia yang dikenal dengan orangnya yang ramah dan memiliki jiwa sosial tinggi, sekarang ini justru banyak yang menjadi individualis. Berbagai iklan yang mengharuskan kita untuk hidup gaul dalam konteks modern dan tidak tradisional, sehingga membuat manusia menjadi hedonis yang hanya mencari kepuasan semata. Banyak anak-anak remaja yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya barat. Rambut mereka di cat dengan bermacam-macam warna. Mereka menggunakan pakaian yang minim yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Padahal cara berpakaian tersebut jelas-jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tidak banyak remaja yang mau mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.
            Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa, namun kita harus tetap menjaga agar kepribadian kita tidak luntur.
            Beberapa cara agar kita tiddak mudah terpengaruh dengan budaya baru yang datang dari luar adalah kita harus bisa menyaring dan memilah perkembangan budaya yang ada pada saat ini. Tidak semua yang berkembang saat ini adalah baik, karena kebanyakan budaya barat sangat berbeda sekali dengan budaya timur (Indonesia). Kita tidak harus sepenuhnya menolak kebudayaan baru, namun kita harus mengetahui sisi positif dan negatif dari budaya tersebut dan tetap berpegang teguh kepada budaya kita sendiri. Kita harus benar-benar bisa membentengi diri dengan baik sehingga kita bisa membedakan pengaruh baik dan buruk dari budaya tersebut. Tidak meninggalkan nilai-nilai luhur budaya daerah kita.

Screenshot_2016-10-23-09-50-40_com.UCMobile.intl.png Screenshot_2016-10-23-09-50-37_com.UCMobile.intl.png
 Screenshot_2016-10-23-09-50-50_com.UCMobile.intl.pngScreenshot_2016-10-23-09-50-32_com.UCMobile.intl.png
Gambar silat tradisional powele

Asal kecamatan Bone kabupaten Muna 
Sulawesi Tenggara  


DAFTAR PUSTA  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...