Minggu, 30 Oktober 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2 PAMELA ROSA ANGELICA

Nama : Pamela Rosa Angellica
NPM   : 15516708

Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan

Hakekat Manusia :
1)      Makhluk-makhluk yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Tubuh dapat dilihat, diraba, tidak abadi. Jiwa tidak dapat dilihat, dirasa, abadi.
2)      Makhluk yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.
·         Kesempurnaan terletak pada adab dan kebudayaannya, karena manusia dilengkapi akal dan perasaan
·         Akal, manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan kebudayaan
·         Perasaan, manusia mampu menciptakan kesenian. Perasaan manusia terdiri atas :
o   Perasaan intelektual berkaitan dengan ilmu pengetahuan
o   Perasaan estetis berkaitan dengan keindahan
o   Perasaan etis berkaitan dengan kebaikan atau keburukan sesuatu
o   Perasaan diri berkaitan dengan harga diri seseorang
o   Perasaan sosial berkaitan dengan lingkungan sekitar
o   Perasaan religious berkaitan dengan Tuhan
3)      Makhluk budayawi, manusia dapat dipelajari dari segi kemasyarakatan, kekereabatan, kesenian, bahasa, perkakas, dll.
4)      Makhluk yang terkait dalam lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
Definisi cinta adalah rasa sangat suka atau sayang terhadap seseorang atau sesuatu.
Pengertian Cinta Kasih dan Sayang
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian cinta kasih. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hamper sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Walaupun cinta dan kasih mengandung arti yang hamper sama, antara keduanya terdapat perbedaan, yaitu cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah pada orang atau yang dicintai. Dengan kata lain, bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Erich Fromm (1983: 24-27) dalam bukunya Seni Mencintai menyebutkan bahwa cinta itu terutama member, bukan menerima, dan member merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam member adalah hal-hal yang sifatnya manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyertakan unsure-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian, dan pengenalan.
Dr. Sarlito W. Sarwono mengemukakan bahwa cinta itu memiliki tiga unsure, yaitu ketertarikan, keintiman, dan kemesraan. Keterikatan adalah perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas hanya untuk dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara Anda dan dia sudah tidak ada jarak lagi sehingga panggilan-panggilan formal seperti Bapak, Ibu, Saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan seperti sayang. Sedangkan kemesraan adalah adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen jika jauh dan lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. Ketiga unsur cinta tersebut sama kuatnya, jika salah satu unsur cinta itu tidak ada maka cinta itu tidak sempurna atau dapat disebut bukan cinta.
Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang dibarengi unsur terikatan, keintiman dan kemesraan (Cinta Ideal / Segitiga Cinta) di sertai dengan belas kasihan, pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab yang diartikan akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan dan kebahagiaan.
Definisi kasih sayang adalah perasaan sayang atau cinta kepada seseorang yang di sertai dengan ketulusan, kasih sayang memperkuat rasa cinta.
Cinta kasih dapat di artikan sebagai perasaan suka / sayang kepada seseorang atau sesuatu dengan ketulusan.
Peranan cinta kasih :
1.       Cinta merupakan landasan dalam pembentuk sebuah keluarga yang harmonis, serta pembentuk hubungan yang erat dalam suatu masyarakat
2.       Cinta juga pengikat antara manusia dengan Tuhan sehingga manusia menyembah Tuhan dengan iklas dan mengikuti segala perintahNya
3 Tingkatan cinta kasih :
1.       Tinggi – cinta kepada Tuhan dan RasulNya
2.       Menengah – cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri / suami, kerabat.
3.       Rendah – cinta yang hina merusak rasa ke manusiaan. Misalnya; cinta setan, cinta yang berlebihan terhadap seseorang atau sesuatu dan cinta berdasarkan nafsu.
Jenis – jenis cinta :
1.       Cinta diri
o   Berkaitan dengan dorongan menjadi diri sendiri
o   Manusia senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktulisasikan dirinya kepada orang lain.
2.       Cinta se sama
o   Saling berkerja sama, memberi bantuan kepada yang ke sulitan
3.       Cinta seksual
o   Berkaitan dengan dorongan seksual
o   Merupakan factor primer bagi kelangsungan hidup keluarga.
o   Dorongan seksual memiliki fungsi penting, yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenisnya dan terbentuklah keluarga – masyarakat – bangsa – dunia menjadi beraneka ragam jenis -  bangsa-bangsa saling mengenal – berkembanglah kebudayaan yang beragam.
4.       Cinta Tuhan
o   Puncak dari cinta manusia
o   Cinta yang iklas seorang manusia kepada Tuhan akan membuatnya menjadi seorang yang cinta pada sesama makhluk Tuhan yang lainnya.

Definisi kebudayaan adalah semua hasil karya  hasil cipta, rasa serta karsa manusia dalam penuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, susila, hukum kebiasaan serta tiap-tiap kecakapan, serta rutinitas.

Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan apa itu manusia, cinta kasih, dan kebudayaan. Dapat disimpulkan bahwa adanya kecintaan terhadap suatu kebudayaan itu dengan tulus, contohnya seorang musisi membuat lagu dengan lirik bahada daerahnya sendiri, seorang pelukis membuat lukisan tentang adat istiadat yang ada di dalam suatu daerah.

Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan
Dalam kehidupan sehari-hari dapat diambil beberapa contoh hubungan agama dan kebudayaan.
Pertama, ketika seseorang berpindah agama cara berfikir dan cara hidupnya dapat berubah secara signifikan. dapat dilihat seseorang yang beragama Kristen pindah menjadi agama islam maka pandangan hidupnya akan berubah pula, missal: cara pandang mareka dalam berpakaian ketika mereka beragama Kristen cara berpakain mereka kurang menutup aurat tetapi ketika mereka telah beragam islam cara berpakaian mereka menutup aurat.
Kedua, ketika ibadah hari raya idul fitri, hari raya ini dalam praktiknya tidak lagi menjadi perayaan “khas” penganut agama islam tetapi sudah lebih merupakan tradisi bagi segenap masyarakat Indonesia. Saling maaf memaafkan yang dulu tidak pernah terjadi di negeri-negeri timur tengah tetapi masyarakat Indonesia justru di jadikan momemtum untuk membangun kembali tali persaudaraan seta kesetiakawanan lintas etnoreligius.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...