Minggu, 23 Oktober 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR ZHAFIRA FEBRIANTY

Tugas  Ilmu Budaya Dasar

Nama : Zhafira Febrianty
Npm : 17516934
Kelas : 1pa12


1.      Jelaskan mengapa generasi muda lebih mudah menerima kebudayaan asing daripada generasi tua?

Karena generasi tua lebih meyakini dan mempercayai apa yang diajarkan nenek moyang, karena norma norma yang diajarkan sudah melekat erat dan menjiwa sehingga sulit untuk di rubah atau di tambahkan sedangkan generasi muda masih sedikit bahkan belum menetapnya norma atau unsur tradisional dalam jiwa, kalau ada pun pasti jumlahnya masih sedikit, generasi muda cenderung lebih memilih budaya asing dan teknologi. Teknologi zaman sekarang lebih maju di badingkan zaman dahulu, sekarang teknologi seperti internet,laptop,handphone, dll sangat laris manis dipasaran generasi muda sanagat antusias untuk memilikinya. Berbeda dengan generasi tua untuk mendapatkan handphone atau internet saja sanagat sulit untuk mendapatkannya dan pemikiran anak-anak sekarang pun lebih maju,  menyebabkan generasi muda  lebih menerima unsur baru yang kemungkinan besar dapat mengubah kehidupan mereka.

2.      Carilah sebuah daerah yang telah mengalami perubahan budaya. (jurnal atau berita)
v  Analisislah faktor yang menyebabkan daerah tersebut menerima kebudayaan baru.
v  Jelaskan penyebarannya dalam bentuk apa
v  Jelaskan bagaimana cara anda mempertahankan kebudayaan daerah tersebut
v  Jelaskan bagaimana cara anda  agar tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan baru.


Perubahan Paling Drastis Dalam Masyarakat Bali Per 2013
Arus perubahan tidak bisa dihindari. Seperti masyarakat di daerah lain, Bali juga mengalami perubahan, dan itu terjadi sudah sejak dahulu. Hanya saja, perubahan masyarakat Bali beberapa tahun belakangan ini tergolong drastis.
Dahulu, Bali tergolong pulau agraris dimana sebagian besar masyarakatnya bertani dan berkebun. Lalu berubah menjadi pariwisata. Beberapa tahun belakangan ini, tidak lagi sekedar pariwisata, sudah bergeser menjadi multi-profesi dan multi-aktivitas.
Ada 2 faktor utama yang mendorong terjadinya perubahan drastis di Bali, belakangan ini, yaitu:
·         Pengaruh global; dan
·         Pengaruh nasional

Di kancah dunia, Bali tergolong salah satu tujuan wisata favorit, sejak dahulu. Disamping keindahan panorama dan kelestarian budayanya, Bali juga terkenal dengan masyarakatnya yang rata-rata kreatif dan memiliki talenta seni mulai dari seni tari, seni tabuh, lukis, pahat (ukir dan patung) hingga seni tattoo tubuh.
Saat ini, sudah banyak wisatawan yang tidak sekedar tertarik untuk menikmati indahnya Danau Batur atau melihat-lihat Gallery di Ubud, melainkan juga ingin menikmati kedamaian, bermukim dan menetap di Bali, sembari mengubah kreativitas masyarakat Bali yang dahulunya hanya sebatas berkesenian menjadi aktivitas bisnis.
Hubungan masyarakat Bali dengan masyarakat global saat ini tidak lagi sekedar ‘guide-dan-turis’ atau ‘seniman-dan-penikmat seni’, melainkan sudah berubah menjadi hubungan antara ‘bawahan-dan-atasan’ atau ‘pedagang-dan-pelanggan’ atau ‘pebisnis-dan-partner bisnis’. Tak sedikit juga yang berupa hubungan ‘pasien-dan-dokter’ atau ‘fotografer-dan-model’ atau ‘murid-dan-guru’, bahkan ‘tetangga-dan-tetangga ekspatriat’.
Perubahan frekwensi dan intensitas hubungan antara masyarakat Bali dan masyarakat global ( orang asing) yang kian meningkat, tidak sekedar melahirkan orang bule yang ‘ke-Bali-Balian’ dalam jumlah relative sedikit, melainkan juga melahirkan orang Bali ‘ke-bule-bule-an’ yang justru lebih banyak.
Sebagai bagian dari Indonesia, Bali juga mendapat pengaruh dari perubahan-perubahan yang terjadi di tingkat nasional teknologi, komunikasi, ekonomi, politik hingga budaya. Perubahan dari era pemerintahan Soeharto (orde baru) ke era pemerintahan pasca-Soeharto (reformasi) misalnya, membawa pengaruh kuat bagi kehidupan sosial dan politik di Bali, yang pada akhirnya mendorong terjadinya perubahan dalam berbagai aspek.
Begitu banyak perubahan dalam masyarakat Bali belakangan ini. Ada perubahan yang menurut sebagian orang bisa jadi positive, ada juga yang negative. Ada perubahan yang menurut sebagian orang bisa jadi baik, ada juga yang tidak baik.
v  Faktor yang menyebabkan daerah tersebut menerima kebudayaan baru:
a)      Adanya perkembangan teknologi yang mempermudah menerima segala informasi yang salah satunya tentang sebuah budaya dan akan dilihat apabila budaya tersebut cocok untuk dikembangkan dan dikolaburasi dengan budaya di Bali maka akan diambil sebagai budaya baru
b)      Adanya hubungan Bilateral dan Multilateral antara negara baik dari segi Ekonomi, Budaya dan sebagainya, maka Negara Indonesia dan Pemerintah Daerah di Bali sendiri akan mempertimbangkan untuk menerima apabila dapat meningkatkan pendapatan daerah serta memperkaya budaya di Bali.
v  Jelaskan penyebaran dalam bentuk apa
a)      Pertukaran Seni & Budaya antara Negara
b)      Bisnis Pariwisata
c)      Hubungan Bisnis & Perdagangan
v  Jelaskan bagaimana cara anda mempertahankan kebudayaan daerah tersebut
Untuk tidak menerima kebudayaan asing yang akan merusak tatanan peninggalan kebudayaan luhur dan merusak generasi muda dan masyarakat bali. Menanamkan seni budaya daerah kepada generasi muda sebagai kewajiban baik di pendidikan maupun di tatanan sosial. Memperkenalkan budaya daerah dengan mengirim delegasi ke seluruh dunia maupun di Indonesia.
v  Jelaskan bagaimana cara anda agar tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan baru.
a)      Tidak meniru kehidupan asing
b)      Mengusulkan kepada pemerintah daerah dan instansi terkait, misalnya : dinas pariwisata untuk membuat kebijakan akan budaya asing.
c)      Memperketat pengawasan terhadap budaya asing yang telah terlanjur masuk
d)     Menanamkan sejak dini kepada diri sendiri dan keluarga untuk dapat membedakan budaya mana yang positif dan negative
e)      Berperan aktif dalam pelestarian budaya daerah masing masing khususnya dan budaya bangsa pada umumnya.


Sumber :

http://popbali.com/10-perubahan-paling-drastis-dalam-masyarakat-bali-per-2013/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...