Sabtu, 22 Oktober 2016

Tugas IBD Amelia Tresna

NAMA   : AMELIA TRESNA SAVIRA
NPM      : 10516705
KELAS  : 1PA12

Kenapa anak di jaman sekarang bisa lebih mudah menerima kebudayaan asing?
 karena di zaman yang modern ini, teknologi semakin maju dan berkembang. Apalagi dengan hadir nya internet yang lebih memudahkan kita, di zaman sekarang kita lebih mudah mendapatkan akses internet dimanapun dan kapanpun, seperti di warnet, di tempat makan yang menyediakan wifi, dan yang lebih gampang yg berada di handphone, jadi semakin mudahnya kita sebagai anak muda mencari informasi lewat sosial media ataupun media elektronik tanpa ada batas. Kita bisa mengetahui budaya-budaya yang ada di negara lain, ataupun orang asing yang bisa mengetahui budaya-budaya kita juga lewat media sosial ataupun lewat media elektronik. Apalagi dengan di upgrade nya internet menjadi 4G di Indonesia.  
Sekarang kita bandingkan di zaman saat ini dengan jaman pada saat orang tua kita masih muda. Sangat jauh berbeda pada jaman dahulu belum ada nya internet, jadi sangat susah untuk mencari atau mendapatkan informasi tentang budaya asing. Mereka mungkin hanya membaca surat kabar yang isinya mungkin hanya berita dalam negeri dan sedikit berita tentang negara2 lain yg dimuat di surat kabar itu, dan juga sifat orang-orang pada zaman itu masih susah menerima kebudayaan asing karena mereka tetap menjaga kebudayaan yang mereka miliki. Bahkan saat orang tua kita masih muda hanya sedikit yang bisa mempunyai sebuah perangkat komputer karena harga nya yang cukup mahal pada zaman itu. Penggunaan handphone juga hanya sebatas sms ataupun telfon saja. Jadi pada zaman itu sangat lah susah untuk mengakses sebuah media sosial atau media elekronik.
Jadi kesimpulannya adalah faktor utama kenapa generasi muda lebih mudah menerima kebudayaan asing itu karena kemajuan teknologi dan jalan pikiran kita dengan pada zaman dahulu yang masih menutup diri. Jelas sekali bahwa kemajuan teknologi menjadi salah satu faktornya karena kecanggihan itulah yang membawa kita ke dunia maya yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain atau mencari informasi tentang hal-hal yang baru.
10 Persen Budaya Sunda Hampir Punah


Selain semakin kuatnya pengaruh budaya asing, tidak adanya regenerasi dan minimnya anggaran untuk mempertahankan budaya asli Sunda ini juga menjadi penyebabnya.
Sekitar 10 persen dari 234 seni budaya Jawa Barat hampir punah. Ini terjadi karena selain semakin kuatnya pengaruh budaya asing, juga tidak adanya regenerasi.
Tak hanya itu, minimnya anggaran untuk mempertahankan seni kebudayaan asli suku Sunda ini juga menjadi penyebabnya.
Demikian yang dikemukakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jabar, Nunung Sobari di sela-sela acara kirab budaya di Sukabumi, Minggu (1/4).
Adapun seni dan kebudayaan yang hampir punah tersebut, di antaranya goong renteng, pantun buhun, dan pantun beton.
Kebudayaan sunda ini, menurut dia, sudah kurang banyak peminatnya, apalagi dari kalangan muda.
Selain itu, lanjut Nunung, pelajaran tentang kebudayaan Sunda pun di sekolah hanya paling lama dua jam.
Minimnya ekstrakulikuler tentang kebudayaan dan seni sunda inilah yang menjadi penyebab  pelajar lebih memilih kebudayaan asing sebagai panutan.
"Sebenarnya kebudayaan Sunda sangat banyak dan menarik, bahkan warga negara asing banyak yang ingin belajar. Tapi anehnya orang asli Jabar malah enggan belajar dan mendalami kebudayaan sunda ini,"ujarnya.
Nunung berharap kirab budaya Sunda di kota itu bisa menjadi momen kebangkitan budaya dan seni Sunda yang hampir punah dan tersusupi oleh kebudayaan asing.






Analisislah faktor yang menyebabkan daerah tersebut menerima kebudayaan baru
Faktor utama
Tidak adanya regenerasi dan minimnya anggaran untuk mempertahankan budaya asli Sunda ini juga menjadi penyebabnya. Namun faktor pengajar juga menjadi salah satu masalahnya karena minimnya pengajar. Lalu ekstakulikuler disekolah pun jarang adanya tarian tradisonal. Kalaupun ada tarian tradisional minat masyarakat pun kurang. Factor lainnya adalah kurangnya kewsadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal.




Jelaskan penyebarannya melalui apa?
Pada penyebabnya penyebarannya itu melalui media sosial maupun internet, dan masyarakat disana jadi menganggap kebudayaan asing itu “keren”. Dan mereka mungkin merasa lebih keren jika mengetahui budaya asing dan juga mempelajarinya. Masyarakat pun menganggap budaya tradisional seperti tarian-tarian sunda merupakan hal yang “jadul” , jadi jika ada yang mempelajarinya, mereka menganggap orang itu ketinggalan jaman, dan mereka lebih memilih untuk mengikuti perkembangan jaman atau kemajmuan teknologi dengan lebih memilih atau menerima kebudayaan baru yaitu budaya asing.








Jelaskan bagaimana menurut anda cara mempertahankan budaya daerah anda sendiri?
Menurut saya cara mempertahankannya itu dengan cara kita melestarikan kebudayaan kita itu melalui tarian tradisional yang selalu kita pelajari, dan kita semestinya harus memberi usul kepada sekolah-sekolah untuk memberikan ekstakulikuler tarian tradisional agar generasi muda kita bisa mempelajari dan bisa mempraktekan tarian tradisional sunda yang hampir punah itu.intinya harus ada kesadaran dari masing-masing masyarakat itu untuk melestarikan budaya tradisional, atau lebih mengutamakan tarian tradisional. Budaya lokal adalah identitas bangsa, sebagai identitas bangsa budaya lokal harus terus dijaga keaslian maiupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh Negara lain.




Jelaskan bagaimana cara anda agar tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan baru?
Caranya adalah kita harus mencintai terlebih dahulu kebudayaan daerah kita sendiri, lalu kita bisa melestarikan budaya itu dan lebih baiknya kita bisa memperkenalkan budaya kita kepada orang lain yang belum mengetahui nya. Kita juga perlu membatasi pemakaian media sosial terutama untuk anak-anak di zaman sekarang yang mudah terpengaruh terhadap kebudayaan baru. Kita juga harus pintar-pintar dalam memilah kebudayaan baru yang masuk tanpa menolak kebudayaan baru itu masuk ke daerah kita






DAFTAR PUSTAKA
http://www.beritasatu.com/hiburan/40225-10-persen-budaya-sunda-hampir-punah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...