Minggu, 30 Oktober 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 2 Winda Lilis sana


Nama   : Winda Lilis Sana
NPM   : 17516664

1.   -Manusia adalah makhluk hidup yang memilki akal dan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi individu satu dengan individu lain. 
-Cinta Kasih adalah perasaan suka atau sayang kepada seseorang di sertai dengan ketulusan atau belas kasihan yang berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab.
 
 -Kebudayaan adalah hasil karya manusia dan tindakannya dalam memenuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, asusila, hukum kebiasaan serta bahasa kecakapan, rutinitas, yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

2.      2.- Hubungan antara Manusia dan Cinta Kasih 

            Manusia adalah makhluk sosial yang perlu ikatan dengan setiap manusia. Ikatan itu bisa berbentuk tali persaudaraan, teman , sahabat, dan cinta kasih antara manusia. Dalam kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, rasa cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang kepada makhluk hidup, sedangkan kasih adalah perasaan sayang atay cinta atau menaruh belas kasih. Cinta kasih seorang manusia bisa berbagai jenis seperti : cinta kasih terhadap pasangan, terhadap orang tua, terhadap suatu pekerjaan yang memungkinkan untuk mengeluarkan rasa cintanya tersebut. Manusia dan cinta kasih sangat diperlukan agar suasana lingkungan sekitar kita tinggak terasa nyaman dan menimbulkan kehidupan rukun serta damai tanpa adanya perseteruan antara dua orang atau lebih. Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia yang tak punya perasaan dan akan menjadikan manusia itu tidak memiliki belas kasihan dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

            Manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan karena keduanya sangat berkaitan. Manusia normal mempunyai rasa cinta dan kasih kepada orang terdekatnya. Sekarang ini banyak manusia yang elah kehilangan rasa tersebut dikarenakan banyaknya tekanan seperti pekerjaan dan banyak hal yang bisa membuat manusia kehilangan rasa cinta dan kasih sayangnya. Dalam buku seni mencinta, Erich Fromm mengatakan, bahwa cinta itu memberi bukan menerima. Memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dalam hal kemampuan. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatiaan dan pengenalan.

            Pada dasarnya manusia mempunyai rasa cinta dan kasih yan datang dari kebiasaan dan berjalan dengan ketulusan mereka. Cinta dan kasih itu sangat penting dalam kehidupan manusia.

-Hubungan Manusia dengan Kebudayaan

            Manusia dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika). Manusia merupakan mahluk biologis yanga tergolong dalam golongan mahluk mamalia (biologi). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan,sering disebut juga economicus (ilmu ekonomi). Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), mahluk yang selalu mempunyai kekuasaan (politik)

            Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai mahluk Tuhan yang paling sempurna. Manusia menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Tuhan.

            Kebudayaan bersal dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisi kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun, kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita, seperti lagu, tari, dan bahsa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Kebudayaan merupakan keseluruhan dari pengetahuan manusia sebagia mahluk sosial, yang digunakan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi, untuk memenuhin segala kebutuhannya serta mendorong terwujudnya perilaku manusia itu sendiri.

            Secara sederhana hubungan antara manusia dengan kebudayaan yaitu ketika manusia sebgai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari atau secara terulang berkali-kali oleh manusia dan dijadikan sebagai kebiasaan manusia. Kebiasaan juga bisa disebut kebudayaan. Di dunia sosiologi manusia dengan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, yang artinya walaupun keduanya berbeda tetapi merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan, ketika manusia menciptakan kebudayaan, dan kebudayaan tercipta oleh manusia.

            Manusia berhubungan erat dengan kebudayaan yang ada pada lingkungan sekitarnya. Karena kebudayaan merupakan cara beradaptasi untuk mengatur hubungan antar manusia sebagai wadah masyarakat menuju taraf hidup tertentu. Kebudayaan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian seseorang, sehingga mengharuskan manusia untuk mengikuti norma-norma yang ada pada budaya tersebut. Budaya sebagai patokan cara hidup manusia di tempat ia berada. Kebudayaan juga mengajarkan tentang keimanan. Manusia dan kebudayaan pada hakekatnya memiliki hubungan yang sangat erat, dan hampir semua tindakan dari manusia itu merupakan kebudayaan. Manusia memiliki empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai penganut penganut kebudayaa, pembawa kebudayaan, manipulator kebudayaan, dan pencipta kebudayaan.

3.      -Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia
            Manusia adalah mahluk sosial. Yang berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain dengan ketergantungan dan saling menguntungkan terhadap sesama. Manusia merupakan mahluk yang diciptakan dengan kemampuan akal yang istimewa dari mahluk hidup lainnya. Dengan akal tersebut manusia dapat berpikir, apa yang mereka harus lakukan, apa yang mereka perlukan, mengapa mereka harus melakukan sesuatu hal. Semua itu dikarenakan manusia adalah mahluk yang diciptakan dengan sebuah akal serta perasaan untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

            Perasaan tersebut adalah sebuah cinta kasih terhadap sesama mahluk hidup. Cinta kasih yang berarti manusia merasa saling memiliki, membutuhkan orang lain, dan secara ikhlas serta datang dari lubuk hatinya yang terdalam untuk menunjukkan dirinya dan dapat berguna bagi orang lain serta memiliki rasa perhatian terhadap sesamanya. Cinta kasih manusia tidak dapat dinilai dengan materi, namun manusia harus dapat menyadari bahwa dirinya membutuhkan serta dibutuhkan orang lain baik secara lahir maupun batin. Manusia yang berbudaya, akan selalu merasa bahwa dirinya adalah bagian dari orang lain yang ikut melengkapi terjalinnya sebuah kesinambungan kebudayaan dengan hubungan saling ketergantungan sesama manusia.

            Cinta kepada sesama manusia merupakan watak manusia itu sendiri. Perlakuan yang baik kepada sesama manusia bukan dalam arti karena seseorang itu membela,menyetujui, mendukung, atau berguna bagi dirinya, melainkan datang dari hati nuraninya yang ikhlas disertai tujuan yang mulia.

            Manusia adalah mahluk sosial, dan tidak dapat hidup sendiri. Artinya manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain. Interaksi dengan sesama manusia itu sangat penting. Dengan adanya interaksi kita bisa saling tolong menolong satu sama lain. Tolong menolong merupakan kebudayaan yang sudah ada dari sejak zaman dulu. Tidak hanya tolong menolong saja seperti gotong-royong pun sudah ada dari sejak zaman purba. Pada zaman purba contoh gotong-royong yaitu ketika mereka mencari makanan untuk dimakan yang cewek dengan mengumpulkan makanan yang ada dihutan sedangkan yang cowok berburu binatang. Kebudayaan gotong-royong sudah tercipta sejak dulu.

            Budaya dapat menjadi jembatan untuk manusia saling merasakan sebuah ikatan yang tidak terlepas dari sebuah kata cinta kasih dan kasih sayang. Kebudayaan dapat mengikat suatu persaudaraan yang mana walaupun terdapat banyak kebudayaan yang beragam, khususnya di negara Indonesia, budaya dapat menjadi suatu tolak ukur sejauh mana seorang manusia atau warga negara dapat mencintai perbedaan yang ada diantara mereka, sehingga terjadi rsa saling memiliki dan juga saling mempunyai suatu budaya dan aspek –aspek yang terdapat di dalamnya.
    
-Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap Tuhan
           Pada hakikatnya manusia diciptakan dengan memiliki perasaan. Diantaranya cinta kasih, kasih sayang, belas kasihan, cinta kasih erotis, kemesraan. Semua itu ada dalam diri manusia. Tidak ada manusia yang tidak memiliki rasa cinta kasih.

             Cinta adalah sebagai pengikat hubungan antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia bisa menyembah Tuhannya dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, kepada Rasulullah, dan berjihad dijalan Allah. Hal ini merupakan keharusan bagi umat islam karena tidak diragukan lagi bahwa orang yang telah merasakan nikmatnya iman akan meyakini bahwa hanya Tuhan lah satu-satunya zat yang maha sempurna, maha indah, dan maha agung di dunia ini.

             Kebudayaan  yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap Tuhan yaitu kebudayaan pengajian atau tadarus al quran yang dilakukan setiap malam jumat. Contoh lain dari cinta kasih terhadap Tuhan yaitu dengan menjalankan perintah-Nya, menunaikan kewajiban sebagai umat-Nya, menjauhi larangan-Nya.

              Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dan menundukkan semua bentuk kecintaan lainnya. Cinta ini akan membuatnya menjadi seorang yang cinta pada sesama manusia, hewan, semua mahluk Tuhan dan seluruh alam semseta.
  

Sumber :https://mane3x.wordpress.com/2011/03/27/ibd-a-b/ 
From.Erich. 1983. Seni Mencintai. Jakarta: Sinar Harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...