Jumat, 21 Oktober 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR DESNIA RAHMA SARI

ILMU BUDAYA DASAR



NAMA            : DESNIA RAHMA SARI
KELAS           : 1PA12
NPM               :11516844


Mengapa generasi muda lebih mudah menerima kebudayaan asing daripada generasi tua ???
Menurut  saya Itu dikarnakan adanya perkembangan zaman, yang menimbulkan perubahan pola pikir generasi muda  yang lebih modern, banyak dari generasi muda yang memilih kebudayaan  asing. Karena mereka menilai kebudayaan asing sangatlah praktis di banding dengan kebudayaan tradisional. Secara tidak langsung negara kita sedang di jajah oleh bangsa asing dan sasaran utamanya adalah generasi muda. Di sisi lain generasi mudah adalah generasi yang rasa keingintahuannya sangat tinggi. Saat ini dengan adanya perkembangan teknologi yang canggih Sangat mudah untuk generasi muda mengakses konten kebudayaan asing seperti musik,gaya hidup dan cara berpakaian mereka. Sehingga kebudayaan asing sangatlah mudah  masuk kedalam indonesia.selain perkembangan zaman dan teknologi yang canggih kurangnya pendidikan tentang kebudayaan tradisonal di lingkungan sekolah dan keluarga sangat lah kurang. Karna dampak itu banyak dari genereasi muda sekarang yang mencontoh gaya berbusana orang asing yang bisa dikatakan kurang sopan.berbeda dengan generasi tua yang mementingkan kesopanan dan kerapihan dalam hal berbusana. Cara bergaul generasi muda  yang bebas mengakibatkan dampak penyimpangan norma. sangat berbeda dengan generasi tua. Teknologi zaman dahulu tidak secanggih teknologi zaman sekarang. Pada zaman orde baru pengaruh asing sangat susah masuk ke dalam indoneisa.lalu informasi yang di dapat tidak terlalu di umbar seperti sekarang. Dalam hal ini Generasi tua juga sudah memiliki pola pikir yang lebih realistis. Dan memikirkan dampak sebab akibat yang di timbulkan kebudayaan asing  
Oleh karna itu kita sebagai generasi muda hendaklah melestarikan kebudayaan tradisional yang merupakan ciri khas bangsa.Agar kebudayaan tidak hilang dimakan perkembangan zaman dan  pengaruh asing.

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT BUOL

Berdasarakan hasil analisis data dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum masyarakat Buol mengenal IPTEK, kehidupan sosial budaya masyarakat Buol masih sangat tradisional, hubungan-hubungan dalam masyarakat sangat bersifat kekeluargaan dan terjalin dengan baik. Berkembangnya zaman dan majunya IPTEK, kehidupan sosial budaya masyarakat ini di  mulai dari terbentuknya Kabupaten Buol Toli-toli pada tahun 1960 hingga sampai terbentuknya Kabupaten Buol sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yaitu pada tahun 1999.  Sistem pemerintahan yang ada pada masyarakat sebelumnya berbentuk kerajaan yang dikepalai oleh seorang Madika (Raja) sekarang berubah menjadi Presiden sebagai kepala pemerintahan, pendidikan masyarakat mulai meningkat, kehidupan masyarakat sudah modern dan mengenal tenaga mesin. Budaya gotong royong/motalyo (kerja sama) sudah tidak ada dilakukan oleh masyarakat. Dampak negatif dari perubahan tersebut adalah masyarakat lebih bersifat individual dan hubungan kekeluargaan dalam masyarakat mulai hilang. Budaya gotong royong sudah terlupakan oleh masyarakat, dan dampak positif dari perubahan tersebut adalah kehidupan masyarakat lebih modern dan sudah mengenal IPTEK,

*      FAKTOR YANG MENYEBABKAN DAERAH MENERIMA KEBUDAYAAN BARU
1.      Adanya perubahan sosial
Masyarakat Buol adalah masyarakat yang mempunyai bahasa, budaya dan adat istiadat sendiri yang sampai sekarang ini masih dipertahankan dan selalu digunakan oleh masyarakat sebagai satu kesatuan untuk mempersatukan masyarakat Buol.
Rakyat buol pada umumnya hidup dalam keadaan tertekan karena adanya pajak, kerja rodi yang dijalankan atas perintah Rajanya masing-masing.dalam kenyataannya raja-raja hanya pelaksana dari kekuasaan belanda. Dari segi kewajiban rakyat dituntut untuk

Memenuhi pajak dan kerja rodi , tapi pada segi hak, rakyat dibatasi karena Belanda takut kalau rakyat berpendidikan kelak nanti akan membahayakan kedudukan belanda .
Dengan datangnya pengaruh partai potik dan organisasi pergerakan lainnya, maka tokoh-tokoh pergerakan mulai menyadari rakyat akan harga dirinya dan ditimbulkan kesadarannya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan tanah air. Kebencian pada penjajah menjadi salah satu penyebab banyak rakyat Buol meninggalkan daerahnya pergi merantau.
Kehidupan sosial masyarakat Buol setelah bergabung dengan Toli-toli yang membetuk satu Kabupaten  sudah mulai berubah. Alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat sebelumnya adalah perahu dan gerobak yang ditarik oleh sapi, sekarang sudah menggunakan sepeda, motor dan mobil meskipun masih terbatas
Majunya teknologi dan ilmu pengetahuan membuat masyarakat berubah. Masyarakat sudah mulai tersentuh oleh modernisasi dan mengenal perkembangan ilmu teknologi yang membuat masyarakat berfikir ingin berubah sesuai perkembangan zaman. Majunya teknologi dan ilmu pengetahuan membawa pengaruh yang sangat besar terhadapa masyarakat, sebelum masyarakat tersentuh oleh modernisasi, dalam hal pendidikan masyarakat masih menulis di batu tulis, kemudian berkembang dan sudah menulis menggunakan kertas dan bahkan sudah ada mesin ketik.
Kehidupan sosial masyarakat buol setelah terbentuknya kabupaten buol pada tahun 1999 sudah mulai meningkat dan sudah mulai mengikuti perkembangan zaman. Masyarakat sudah mengenal internet,hp,laptop,atm dll
Dalam masyarakat nilai etika, moral, sopan santun dan hormat-menghormati mulai berkurang. Gaya hidup masyarakat semakin modern, karena terpengaruh dan mengikuti budaya-budaya asing/barat. Alat musik tradisional seperti rebana, gambus, dan kulintang, sudah jarang digunakan.
2.      Adanya perubahan budaya
Perkembangan zaman dan majunya IPTEK telah membawa berbagai macam perubahan khususnya bagi masyarakat Buol. Salah satu contoh adalah budaya gotong royong yang ada pada masyarakat telah berubah dan jarang lagi dilakukan, sebelumnya budaya gotong royong sangat kental dan selalu dilaksanakan oleh seluruh masyarakat.
dahulu ketika seorang warga akan membuka lahan perkebunan, warga yang lain akan ikut membantu warga tersebut dengan suka rela. Pada keadaan sekarang, hal seperti ini sudah tidak tampak lagi pada masyarakat, yang ada hanyalah ketika seorang warga membuka lahan baru, maka warga tersebut harus menyediakan modal cukup untuk membayar orang yang akan membantunya, masyarakat lebih bersifat individual dan sebagian sudah menggunakan tenaga mesin yang dianggap lebih modern dan praktis.
Masyarakat buol sekarang sudah lebih bersifat individual karena mereka sudah mengenal IPTEK dan lebih banyak menggunakan tenaga mesin. Masyarakat sudah mulai tersentuh oleh modernisasi yang membuat masyarakat berfikir ingin berubah di segala bidang sesuai perkembangan zaman.


 Dampak Perubahan Sosial Budaya Terhadap Kehidupan Masyarakat
A.    Dampak positif
-          Masyarakat telah mengenal teknologi modern, seperti mesin penggiling padi, traktor (mesin pembajak sawah) yang membuat masyarakat lebih mudah dan praktis bekerja walaupun tanpa memerlukan bantuan orang lain.
-          Budaya-budaya dan tradisi masyarakat dikembangkan melalui musik modern
-          Pendidikan dan ilmu pengetahuan masyarakat meningkat, seperti penggunaan Hp, ATM, Internet
-          Alat transportasi sudah lebih maju dan sangat banyak sperti sepeda motor


B.     Dampak negatif

-          Budaya-budaya dan tradisi khususnya budaya gotong royong dalam masyarakat sudah tidak ada lagi dilakukan
-           Hubungan-hubungan dan sifat kekeluargaan dalam masyarakat mulai hilang
-          Masyarakat mulai bersifat individual

-          Masyarakat lebih suka memakai peralatan modern atau tenaga mesin dari pada tenaga manusia


 dampak penyebaran perubahan budaya di awali adanya penjajah dari belanda yang mempunyai tujuannya untuk mengeksploitasi rakyat  dengan cara kerja rodi dan membayar pajak. Mulai dari saat itu  pengaruh partai potik dan organisasi pergerakan lainnya, mulai menyadari rakyat akan harga dirinya dan ditimbulkan kesadarannya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan tanah air. Kebencian pada penjajah menjadi salah satu penyebab banyak rakyat Buol meninggalkan daerahnya pergi merantau. Kehidupan sosial masyarakat Buol setelah bergabung dengan Toli-toli dan membentuk satu Kabupaten mulai berubah. Dan perkembangan zaman yang canggih membuat masyarakat buol sudah mengenal teknologi yang modern.

Jika di tanya tentang bagaimana cara mempetahankan kebudayaan sendiri pertama-tama kenalilah dahulu kebudayaan yang telah ada . akan lebih mudah jika sudah memahami kebudayaan yang telah di turunkan oleh nenek moyanng. Jika sudah paham akan lebih mudah untuk melestarikan dan mempertahankan kebudayaan tersebut 

·         Mengajarkan kebudayaan di sekitar lingkungan
Dalam melakukan hal ini kita bisa memulainya dengan membuat kelas tari tradisoinal kebudayaan Indonesia. Dan sebaiknya yang bergabung dalam kelas tersebut adalah anak-anak atau remaja. Karena dalam umur tersebut , mereka mudah terpengaruh dengan kebudayaan asing yang dianggap lebih modern dan praktis. Saat ini makin banyak remaja yang tidak tahu tentang kebudayaan tradisional dan juga banyak orang tua yang kurang berperan dalam mendidik kebudayaan Indonesia . mereka lebih bangga mengikuti kebudayaan asing yang belum tentu baik bagi mereka. Jika tidak di lestarikan kebudayaan ini bisa punah seiring perkembangan teknologi dan zaman.

Maka dari itu, hal kecil seperti membuat kelas tari tradisional adalah sebuah hal baik untuk mereka agar lebih mengenal dan mencintai kebudayaan yang telah ada.  Untuk mewujukan hal yang kecil seperti ini tidaklah mudah jika melakukannya sendiri  harus adanya kerjasama antara lingkungan itu sendiri seperti karang taruna  agar lebih mudah mengumpulkan anak remaja yang bergabung dalam kelas tari tradisional

·         Memposting kesenian lokal di media sosial anda

Di zaman modern ini makin banyak orang yang mengenal internet dan media sosial. Dalam media sosial yang menghubungkan seluruh orang di dunia dalam inilah kita dapat memperkenalkan budaya lokal anda kepada orang luar. Mulailah dengan memposting foto-foto kesenian lokal yang dilengkapi dengan deskripsi di media sosial. Akan lebih baik jika kita memberikan deskripsi dalam dua bahasa yaitu bahasa lokal dan juga bahasa inggris agar orang luar lebih memahami apa yang kita posting.

·          Mengunakan produk budaya lokal di luar negeri

Selain melalui media sosial, misi memperkenalkan budaya kepada luar negeri juga dapat di  lakukan jika sedang berada di luar negeri entah untuk belajar, liburan atau lainnya. kita cukup memakai produk hasil budaya lokal anda saja disana. Misalnya saja kita  mempunyai batik sebagai produk budaya lokal dan untuk memperkenalkan batik tersebut kita cukup memakainya saat anda sedang di luar negeri. Dengan memakai pakaian batik tersebut tentu saja kita telah memperkenalkan budaya lokal ke dunia luar. Selain pakaian, kita juga bisa memakai hasil kesenian lokal lainnya seperti tas, gelang, dan lain-lain.



Cara agar tidak terpengaruh dengan kebudayaan asing
Agar kita tidak terpengaruh dengan kebudayaan asing yaitu
yang pertama menjadikan budaya adalah indentitas diri kita sendiri. Jika kita mengangap budaya sebagai identitas kita. Kita akan memiliki rasa bangga terhadap kebudayaan lokal dan merasa Indonesia memiliki kelebihan di mata dunia internasional, dengan membangkitkan rasa itulah kita tidak akan mudah terpengaruh dengan kebudayaan asing.walaupun kini banyak orang yang berfikiran bahwa budaya daerah merupakan budaya yang sudah kuno dan ketinggalan zaman.
Lalu yang kedua kita harus pandai dalam memilah kebudayaan asing yang datang ke Indonesia. Kenyataanya tidak semua kebudayaan asing memberikan dampak positif terhadap kebudayan Indonesia. Maka dari itu kita harus cermat dalam memilih dan memilah kebudayan asing yang masuk kedalam Indonesia . dan jangan sampai kita mengikuti kebudayaan baru dan kebudayaan lokal hilang










DAFTAR PUSTAKA
Amirulah A. Timumun, Darwin Une , Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...