Minggu, 23 Oktober 2016

ILMU BUDAYA DASAR NI LUH PUTU KINTAN

Nama   : Ni Luh Putu Kintan .A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

            Masuknya budaya asing ke Indonesia membawa dampak yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat generasi muda. Masuknya budaya asing ke Indonesia disebabkan oleh salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni Indonesia.
Masuknya kebudayaan asing tanpa disadari telah menghancurkan kebudayaan lokal. Minimnya pengetahuan menjadi pemicu alkulturasi kebudayaan yang melahirkan jenis kebudayaan baru.
            Masyarakat kaum muda yang rela meninggalkan kebudayaannya mereka sendiri demi menerima kebudayaan asing atau bisa dibilang mereka lebih memilih mengikuti trend dari kebudayaan asing agar mereka tidak terlihat kuno.
Selain alasan diatas, ternyata masih ada lagi alasan lainnya, salah satunya adalah semakin canggihnya teknologi internet. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya yang sudah sangat canggih sehingga mereka dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh apapun.
Misalnya saja dari cara mereka berpakaian banyak remaja-remaja sekarang yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan dimana mereka memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya untuk tidak diperlihatkan. Tak hanya itu, gaya rambut mereka pun yang di cat dengan warna yang berbeda-beda. Dengan kata lain, para remaja zaman sekarang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Selain itu banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek, seperti tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan sekitar.
Contoh yang kedua, dimana salah satu budaya asing yang masuk ke Indonesia yang sangat banyak diperbincangkan yaitu demam Kpop. Demam Kpop adalah salah satu kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia yang berasal dari negara penghasil ginseng yaitu Korea Selatan dimana kebudayaan tersebut sangat digemari oleh banyak kaum muda. Mereka biasanya akan mengikuti gaya Kpop seperti mencoba gaya busananya, mencoba makanannya, mencoba untuk menirukan tarian dari boyband / girlband, menonton dramaya sehingga mereka dengan rela meninggalkan kebudayaannya sendiri.
Alasan mengapa generasi muda lebih mudah untuk menerima kebudayaan asing daripada generasi tua karena :
1.      Masalah teknologi yang sudah canggih.
2.      Mereka mengikuti trend, dimana mereka mungkin menganggap kebudayaannya sendiri sudah kuno.
3.      Pengaruh teman.
4.      Mereka sudah bosan dengan kebudayaannya sendiri.
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sangat pesat. Hal ini terjadi di beberapa negara seperti negara maju dan negara berkembang di Asia seperti Indonesia, sehingga mengalami revolusi interaksi sosial. Interaksi sosial adalah syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial.

Pada teknologi sekarang ini, telah menyebabkan seseorang melakukan kontak sosial tidak hanya melalui hubungan secara langsung tetapi juga bisa melalui hubungan jarak jauh oleh media komunikasi seperti internet. Dengan adanya internet, seseorang mungkin akan melakukan interaksi secara tidak langsung dengan komunitas lainnya di dunia maya.

Teknologi ini sudah dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat terutama masyarakat kaum muda. Remaja sebagai salah satu pengguna fasilitas internet yang belum mampu memilah aktivitas internet dengan benar.

Mereka juga dengan mudahnya terpengaruh oleh lingkungan sosial tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu mana yang positif dan mana yang negatif.  Mereka cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal yang baru dan mereka mudah terpengaruh oleh teman-teman sebayanya.

Pada saat ini, perkembangan internet tidak hanya digunakan di daerah perkotaan, tetapi juga di daerah pedesaan. Contoh daerah pedesaan  yang menerima adanya teknologi internet adalah Desa Cibatok 1, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Di desa tersebut, terdapat sebuah warung khusus internet yang dapat diakses oleh masyarakat sekitar daerah tersebut. Tidak hanya itu, di desa tersebut terdapat sebuah sekolah menengah atas yang sudah fasilitasi oleh Wifi atau Hotspot sehingga setiap siswa dan guru sudah dapat menggunakannya secara cepat.

Kehadiran teknologi komunikasi internet juga telah menyebabkan perubahan dalam struktur sosial didalam suatu masyarakat yang dapat dilihat dari perubahan pada ciri hubungan antara bagian-bagian dari struktur sosial ( Harper 1989 ). Munculnya media sosial online menyebabkan masyarakat saat ini lebih cenderung menyukai pertemanan yang lebih erat di dunia maya dibandingkan pertemanan yang dijalin secara langsung di dunia nyata.

Pola penggunaan internet berhubungan dengan intensitas penggunaan remaja dalam memanfaatkan akses internet, rutinitas waktu yang dihabiskan untuk bermain internet dan jenis situs yang sering dibuka oleh remaja desa.

Para remaja laki-laki desa sering membuka situs hiburan seperti Game Online, 4shared dan sebagainya karena hobi yang mereka miliki. Mereka sering menghabiskan waktu berjam-jam di warung internet hanya untuk bermain Game Online, mendownload film-film terbaru bersama teman-teman mereka.

 Dampak penggunaan internet ternyata terdapat dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positifnya adalah :
1.      Masyarakat desa bisa menambah wawasan yang luas.
2.      Mereka dapat berkomunikasi secara tidak langsung menggunakan media sosial.
3.      Mereka juga bisa mendapat referensi untuk mencari jawaban dari tugas-tugas sekolah/kantor.
4.      Dapat memanfaatkan internet untuk menambah teman atau relasi melalui media sosial.
5.      Mereka juga bisa memanfaatkan internet sebagai jual beli online.
Dampak negatifnya adalah :
1.      Mereka mungkin akan mencari video tentang pornografi
2.      Dapat menyebabkan sebagian remaja di desa tersebut melupakan tugas sekolah.
3.      Kurang bersosialisasi dengan teman se-desanya.
4.      Para remaja mengaku pernah tidak masuk sekolah karena keasyikan memainkan game online.
5.      Para remaja juga malas untuk membantu pekerjaan rumah.
Jadi, faktor yang menyebabkan masyarakat lokal menerima budaya tersebut karena mereka ingin tahu apa itu teknologi internet. Mereka juga ingin mencoba bagaimana cara menggunakan teknologi tersebut karena mereka mempunyai rasa penasaran yang tinggi.
Perkembangan yang terjadi terhadap telepon genggam juga semakin mempermudah komunikasi melalui sosial media maupun internet. Bila dilihat dari sudut pandang, kemajuan teknologi memberikan kita kesempatan untuk hidup secara lebih mudah. Hal tersebut merupakan kemudahan untuk mendapatkan atau juga menyebabkan informasi yang diinginkan.
Perkembangan teknologi pada masa kini yang terus berkembang, sehingga membuat internet serta banyak sosial media juga semakin berkembang. Kebanyakan orang yang mengakses internet ataupun sosial media di Indonesia ini adalah mereka yang menggunakan handphone.
Setiap daerah pasti mempunyai cara tersendiri untuk mempertahankan kebudayaannya daerah sendiri. Pelestarian adalah suatu proses atau teknik yang didasarkan pada kebutuhan individu itu sendiri. Melestarikan suatu kebudayaan pun dengan cara mendalami atau paling tidak mengetahui tentang budaya itu sendiri.
Setiap daerah pasti mempunyai cara tersendiri untuk melestarikan kebudayaan daerahnya seperti :
1.      Paling tidak kita mengetahui tentang budaya zaman dahulu, bagaimana nenek moyang mengajarkan kita untuk tidak selalu tergantung pada teknologi internet.
2.      Kemudian kita mendalami kebudayaan daerah kita. Setelah itu, kita wajib memperkenalkan kepada oranglain atau kepada orang yang belum tahu tentang kebudayaan daerah kita.

Cara agar kita tidak mudah terpengaruh untuk menerima teknologi internet adalah kita harus budayakan membaca buku, menyelenggarakan mata pelajaran muatan lokal.

DAFTAR PUSTAKA :
http://m.kompasiana.com/febriyandi/dampak-masuknya-budaya -asing-barat-terhadap-budaya-bangsa-indonesia 55087e8b8133119e14b1e1af

Bungin, Burhan.2006.Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...