Sabtu, 01 Juli 2017

TUGAS MIAD 9

Nama     : Adnan aziz ainin                                                                                Tugas MIAD 9
Kelas      : 1 PA 12
Npm       :  10516245

Fenomena Alam
 
   Kekayaan yang dimiliki alam ini sangat banyak. Bukan hanya tumbuh- tumbuhan dan juga satwa, namun juga kenampakan- kenampakan alam yang ada di muka bumi ini. Belum lagi kita akan menemui segala sesuatu yang bisa mempengaruhi keadaan alam dan keberadaannya sudah pasti ada namun tidak dapat dilihat secara kasat mata, seperti cahaya matahari, suhu udara, angin, dan lain sebagainya. Karena banyaknya elemen yang ada di alam ini dan karena begitu kompleksnya keadaan di bumi ini maka diperlukan adaptasi untuk bisa hidup dengan aman dan nyaman di dunia ini.


   Berbicara mengenai fenomena alam, ada banyak sekali fenomena alam yang terjadi di alam kita ini dan sangat sering kita temui. Selama ini kebanyakan fenomena alam yang terjadi adalah fenomena alam yang dapat dijelaskan dengan ilmiah dan kenapa fenomena tersebut bisa terjadi. Fenomena alam yang munculnya rutin, yakni dalam beberapa waktu tertentu bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi kita selama penjelasan ilmiahnya pun ada dengan jelas dan logika kita bisa menerimanya. Namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ternyata terjadi juga beberapa fenomena alam yang unik dan juga langka yang kita sendiri pun terkadang masih terbengong- bengong dibuatnya.
 
   Meskipun fenomena yang terjadi adalah fenomena yang langka dan seperti hanya rekayasa manusi atau hanya terjadi dalam imajinasi manusia saja, namun ternyata fenomena alam tersebut keberadaannya dapat dijelaskan secara ilmiah. Fenomena alam ini merupakan fenomena alam yang menakjubkan yang terkadang logika kita sendiri masih sulit untuk menerimanya. Fenomena yang menakjubkan seperti ini ada yang sifatnya membuat kita terkagum- kagum, namun tidak jarang pula yang membuat kita merasa ngeri. Lalu, apa saja fenomena alam yang menakjubkan tersebut? Dalam bahasan kali ini kita akan mencoba menelusuri mengenai berbagai fenomena alam yang menakjubkan yang terjadi di alam ini. Berbagai peristiwa atau fenomena alam yang menakjubkan ini terjadi di belahan bumi ini. Berikut beberapa fenomena alam yang menakjubkan yang terjadi di dunia:

    Lubang Biru Raksasa atau Great Blue Hole




  Lubang biru raksasa atau geat blue hole merupakan suatu lubang yang berada di lautan yang berbentuk menyerupai sebuah lingkaran sempurna. Lubang biru raksasa ini mempunyai diameter 0,4 kilometer dengan kedalaman mencapai 145 meter. Di sisi- sisi lubang biru raksasa ini terdapat banyak karang yang membatasinya. Karang- karang ini masih termasuk ke dalam komplek karang lighthouse.

   Lubang biru raksasa ini terdapat di dekat pusat kota Bleize, teptnya berada pada jarak 60 mil dari pusat kota Bleize. Jika kita perhatikan lubang biru raksasa yang ada di lautan ini kita akan merasa bahwa lubag tersebut tidak berdasar karena saking dalamnya. Lubang biru raksasa ini membuat siapa saja tidak ingin berlayar di atasnya. Jila dilihat dari kejauhan yakni dari udara, keberadaan lubang ini memang menjadi suatu pemandangan yang indah, namun tidak jarang juga banyak yang takut melihatnya.

   Pintu Neraka atau Hell Gate


   Sama- sama sebuah objek tempat yang berupa lubang raksasa yang berbentuk bulat. Jika tadi lubang biru raksasa adalah lubang dengan isi air, maka pintu neraka adalah lubang yang berisi api. Berbeda dengan lubang air tadi yang kedalamannya mencapai ratusan meter dan kita tidak melihat dasarnya, namun lubang merah atau Hell Gate ini merypakan lubang yang tidak terlalu dalam dan kita pun dapat melihat dasarnya. Nama pintu neraka terdengar sangat menyeramkan bagi kita. Nama tersebut adalah naman yang diberikan oleh masyarakat sekitar. Sebenarnya tempat ini tidak seseram namanya.

   Nama pintu neraka ini diberikan karena adanya sumber api yang disebut api abadi berada di dalamnya. Mengapa api ini disebut sebagai api abadi? Hal ini karena api tersebut sudah menyala sejak 37 tahun yang lalu, maka dari itu tempat ini disebut dengan pintu neraka. Adanya api yang menyala dan tidak pernah padam tersebut karena di lubang itu terdapat sumber gas bumi yang sangat besar, sehingga tempat ini mudah sekali terbakar. Sebenarnya api yang menyala di lubang ini merupakan api yang dinyalakan oleh para ilmuwan pada tahun 1971 dan masih menyala hingga sekarang. Pintu neraka atau lubang berapi ini berada di negata Turkmenistan. Selain di Turkmenistan tersebut, sebenarnya masih ada lagi sebuah tempat yang mirip dengan tempat tersebut atau lubang api tersebut, yakni gunung Yanar Dag yang berada di Azerbaijan.


   Danau Biru didalam Gua atau Blue Lake Cave atau Gruta do Lago Azul



   Danau yang berada di dalam gua ini merupakan salah satu tempat yang unik di dunia. Jika Anda sering berimajinasi membayangkan tempat- tempat yang berada di negeri dongeng, maka tempat inilah yang dapat menjadi salah satu tujuannya. Ada danau yang terdapat di dalam gua yang terlihat sangat eksotis.

   Salah satu yang membuat tempat ini terlihat indah adalah terletak pada interiornya yang terbuat dari stalaktit, dan juga stalakmit, serta danau biru yang terlihat sangat indah. Interior tempat ini terbentuk secara alami tanpa ada rekayasa atau campur tangan dari manusia. Dari sekian banyak perpaduan elemen- elemen interior tempat ini, yang paling menarik dan juga mencolok adalah kebiruan dari danaunya ini. Jika Anda penasaran, jangan hanya membayangkan saja, namun buktikan sendiri keindahannya

   Petir Vulkanik


   Salah satu fenomena alam yang unik dan cenderung menyeramkan adalah petir vulkanik. Petir vulkanik ini terjadi ketika petir diproduksi dalam segumpal vulkanik atau gunung api yang sedang erupsi. Ketika fenomena seperti ini terjadi, maka kita akan melihat sebuah pemandangan yang mengerikan, yakni yang terlihat bagaikan pintu neraka.

   Jika hal ini terjadi maka pemandangan yang akan kita saksikan adalah kilat- kilat listrik yang berasal dari petir akan bercampur dengan gumpalan awan vulkanik ataupun bara- bara dari api vulkanik yang berasal dari perut bumi ataupun magma. Siapapun yang melihat fenomena seperti ini maka akan merasa ngeri dan ketakutan akan mudah sekali menjalar pada diri kita.

   Gelembung Es yang Mudah Terbakar


   Apa sebenarnya yang dimaksud dengan gelembung es yang mudah terbakar ini? Gelembung es yang mudah terbakar ini merupakan gelembung beku metana yang terperangkap di bawah Alberta Danau Abraham.

   Gelembung es ini sulit untuk dilihat dengan mudah, diperlukan keberanian untuk menyelam sampai ke dasar laut agar kita dengan mudah untuk melihat gelembung es yang mudah terbakar ini, dan sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki adrenalin yang tinggi.

   Kilat Catatumbo




  Kilatan Catatumbo merupakan kilatan- kilatan petir yang terjadi dalam jumlah banyak. Kilatan- kilatan petir berjamaah ini terlihat seperi hujan petir raksasa yang sangat mengerikan. Kilatan- kilatan petir ini jika dilihat dari kejauhan maka akan meluluh lantakkan hati siapapun dan akan membuat kita menjadi sadar bahwa manusia ini seseungguhnya kevil seklai dan belum ada apa- apanya dibandingkan dengan alam sebagai ciptaan Tuhan dan seisinya. Kilatan- kilatan petir berjamaah ini ukurannya besar- besar sehingga akan semakin terlihat mengerikan. Dalam satu tahun, kilatan- kilatan ini terjadi selama 140 hingga 160 malam.

   Pada setiap malamnya kilatan- kilatan ini bisa berlangsung selama 10 jam, dan pada setiap jam tersebut kilatan ini dapat terjadi hingga 280 kali. Hal tersebut merupakan intensitas atau jumlah yang sangat mengerikan karena termasuk banyak sekali. Belum lagi ketika kilatan- kilatan in disertai dengan  gumpalan awan hitam atau awan gelap yang pastinya kan menambah pemandangan yang mengerikan ketika dipandang oleh mata manusia siapapun itu


   Nah bagaimana temen-temen , menakjubkan bukan. Tentunya masih banyak lagi fenomena alam yang menakjubkan. Dan semua fenomena alam tersebut adalah salah satu tanda betapa luar biasa indah ciptaan Allah. Semoga kita selalu menjadi hamba yang pandai bersyukur dan semoga bertambah wawasannya.


Daftar Pustaka :

http://ilmugeografi.com/fenomena-alam/fenomena-alam-yang-menakjubkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...