Sabtu, 01 Juli 2017

Tugas 9 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar



Nama : Gading Sari Wulandari
Kelas : 1PA12
NPM : 12516942
 
TORNADO API


TORNADO
Pengertian Tornado
Tornado merupakan kolom udara berbentuk corong yang berputar merentang dari ketinggian badai hingga menyentuh tanah serta membawa puing-puing dan kotoran yang terhisap kedalamnya. Tornado biasanya terdiri dari angin kencang, petir dan awan, namun pernahkah anda mendengar atau melihat tornado yang berbentuk api. Fenomena alam ini merupakan perpaduan dua unsur yang sangat mematikan yakni Tornado dan Api. Berikut pengertian dan prosese terjadinya fenomena tornado api.

Ciri Datangnya Tornado
  1. Langit terlihat hitam atau mendung
  2. Terjadi hujan es di sekitar daerah (biasanya durasi selama 20-25mnt)
  3. Setelah terjadi badai hujan maka suasana akan tenang namun langit semakin hitam gelap
  4. Awan bergerak cepat sehingga mengitari daerah kita
  5. Kemunculan Tornado bisa didengar. Awalnya suara nya seperti air terjun, namun lama lama berubah menjadi seperti suara jet yang sangat keras
  6. Ingat biasanya tornado bergerak dari barat daya ke timur laut. Mereka juga bergerak da ke arah timur, tenggara, utara, dan bahkan barat laut.

Jenis-jenis Tornado
  1. Supercell Tornadoes
Jenis tornado ini berasal dari badai supercell. Ciri utama dari badai ini adalah adanya udara yang  berlapis-lapis, Dan juga tornado ini berotasi konstan .Tornado ini bertiup dengan kecepatan di atas 200 mph.

  1. Waterspout Tornadoes
Jenis tornado ini terbentuk pada saat di permukaan air. Di Indonesia Waterspout tornado dikenal dengan puting beliung, Angin Tornado ini tergolong lemah dibanding tornado lain,

  1. Landspout Tornadoes
Nama lain dari Landspout tornado adalah Dust-tube tornado, Tornado ini berlangsung lebih singkat dibandingkan supercell tornadoes, Dan juga Landspout tornado menghasilkan angin yang sangat kuat yang dapat menimbulkan kerusakan besar.

  1. GustnadoTernado
Gustnado dapat di definisikan sebagai tornado embusan. Ini adalah tornado lemah yang tidak berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Dust Devil
Dust Devil dapat diamati pada setiap hari-hari kering dan panas di tanah kering atau gurun.Biasanya Dust Devil terjadi pada pagi dan siang hari. Tornado ini berkecepatan 70 Mph.

  1. Firewhirls
Firewhirls sering disebut sebagai tornado api, firenadoes atau firedevils. Panas yang diciptakan oleh api atau letusan gunung berapi menyebabkan firewhirls. Kecepatan angin firewhirls biasanya di atas 100 mph.

TORNADO API ( FIREWHIRLS)
Pengertian Tornado Api
Tornado api adalah tornado atau pusaran angin yang muncul atau melintas di wilayah yang sedang terbakar. Tornado bisa menggulung apa saja di hadapannya sekaligus membakarnya hingga menjadi abu, pasalnya temperatur di pusat inti tornado api ini bisa mencapai lebih dari 1000 derajat celcius, cukup panas untuk membakar debu yang terhisap oleh tornado, bahkan bisa melelehkan besi sekalipun.

Proses Terjadinya Tornado Api
Proses terjadinya tornado api adalah udara diatas lahan yang terbakar ini akan memanas dan bergerak keatas, udara yang lebih dingin dari daerah ini disekitarnya berebut masuk mengisi udara yang kosong. Sementara angin yang panas terus-menerus di daur ulang juga terus bergerak keatas dalam kecepatan yang mengagumkan. Angin yang menuju keatas dapat mencapai suatu titik pemicu yang dapat memunculkan badai api, pada titik ini api kebakaran di daratan akan tersedot ke atas begitu juga dengan rumah-rumah, mobil dan benda-benda lainnya yang berada di tanah karena angin panas ini.
Api yang terbang di udara tersedot angin panas akan membakar puing-puing bangunan dan benda-benda yang ikut terbang menciptakan sebuah tornado api yang maha panas dan maha dahsyat. Setelah terbentuk tornado api akan sulit untuk memadamkannya, satu-satunya cara hanyalah menunggu semua udara habis tersedot dan pada akhirnya tornado api yang akan padam dan menciptakan hujan hitam.
Pada saat tornado api besar masih berlangsung besi-besi bangunan dan mobil akan meleleh oleh suhu tornado api yang mencapai lebih dari 1000 derajat celcius, selanjutnya besi-besi ini akan terlempar ke segala penjuru oleh angin dan sangat berbahaya bagi manusia jika berada tak jauh dari sekitar lokasi.
Secara sederhana, Tornado Api terjadi bila ada api atau kebakaran di daratan dan angin yang berputar kencang di udara, angin itu bertiup berputar ditambah lagi adanya kebakaran yang hebat menyebabkan api tertangkap oleh pusaran angin. Angin yang berputar ini akan menjebak api dan memutarnya hingga membentuk lengan api panjang yang tingginya bisa mencapai 30 meter.

Dampak Tornado Api
Biasanya tornado api ini menyerang daerah hutan, ladang atau pertanian/perkebunan dan dampak yang biasanya ditimbulkan akibat tornado ini adalah dapat membumi hanguskan sutau  area seluas 5 km. Rumah dan tanaman akan langsyng terbakar bila diterjang tornado ini, mahluk hidup bisa sampai mati dalam keadaan hangus bila tersengat atau sampai masuk pusaran tornado terserbut. Jaringan telepon,internet, dan listrik akan terputus akibat tornado ini dan dapat merusak infrastruktur daerah/kota lainnya.

Cara Menanggulangi Tornado Api
Tornado api merupakan fenomena alam seperti angin tornado di darat dan laut yang tidak dapat dengan tepat diprediksi kapan dan dimana munculnya. Namun ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika memang ada tanda-tanda dari adanya tornado api ini, diantaranya yaitu :

  1. Sebaiknya saat membuat suatu bangunan yang berada di daerah kemungkinan terjadi tornado api, bangunannya tersebut dibuat dengan bahan yang tidak mudah terbakar seperti kayu, papan, plastik dll
  2. Pembangunan gedung yang ditujukan untuk umum sebaiknya dibangun pada suatu daerah yang tidak rawan terkena tornado api. Gedung di tempat ini juga dapat digunakan sebagai tempat pengungsian saat terjadi tornado api.
  3. Pada daerah yang rawan terkena torndo api sebaiknya melakukan latihan mitigasi bencana jika suatu saat terjadi tornado api.



Daftar Pustaka
http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=4779253492359798125
http://id.wikipedia.org/wiki/Tornado
http://chaerudinkokom.blogspot.co.id/2011/05/6-jenis-ternado.html?m=1
http://www.scribd.com/doc/30019067/Tornado
http://niapuspitas.blogspot.co.id/2013/09/ciri-ciri-datangnya-tornado.html?m=1
http://forum.indogamers.com/showthread.php?t=324543&page=1
http://www.seputarpendidikan.com/2017/03/penyebab-angin-tornado-serta-ciri-dan-cara-penanggulangannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...