Selasa, 04 Juli 2017

Tugas 9 - Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Tria Kartika
NPM : 17516439
Kelas : 1PA12



FENOMENA SALJU ABADI DI PUNCAK GUNUNG JAYAWIJAYA


           Sejatinya, Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa memang memiliki iklim tropis sepanjang masa sehingga tidak memungkinkan adanya turun salju di wilayahnya. Namun keajaiban alam sering muncul di Indonesia. Salah satunya yaitu salju abadi di puncak Gunung Jayawijaya.
       Gunung Jayawijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia (seven summit). Puncak Jayawijaya merupakan gunung dengan ketinggian hingga 4.884 m dpl. Terletak pada titik koordinat S 04°04.733 dan E 137°09.572. Gunung ini menjulang memecah langit dan menembus awan dengan indahnya. Puncak Jayawijaya merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia. Gunung ini merupakan titik tertinggi yang ada di pulau Papua, atau bahkan di Oseania dan benua Australia. Puncak Jayawijaya adalah titik tertinggi yang meliputi Andes dan Himalaya, serta disebut – sebut sebagai puncak tertinggi dari berbagai pulau di belahan dunia. Secara administratif Puncak Jayawijaya barada di Range Sudirman atau Dugunduguo, tepatnya di provinsi Papua Barat. Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi dari seluruh bagian wilayah Indonesia. Gunung ini masuk dalam deretan pegunungan Jayawijaya yang membentang sangat luas, bahkan menyatukan dua negara. Pegunungan ini memanjang dari provinsi Papua Barat wilayah Indonesia hingga Papua Nugini di Pulau Irian. Namun diantara pegunungan yang luas ini, gunung tertinggi ada di wilayah provinsi Papua Barat - Indonesia. Sehingga secara administratif Indonesia masih sangat beruntung, karena di puncak itulah yang menjadi incaran para trakker dunia. Indonesia sendiri merupakan negara yang beriklim tropis. Seperti yang sudah Anda ketahui, negara ini membentang di atas garis Katulistiwa, maka tidaklah mungkin ada salju di tanah ini. Namun hukum tersebut tidak berlaku untuk Puncak Jayawijaya. Karena dinginnya salju selalu menyelimuti Puncak Jayawijaya. Sungguh aneh, namun inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Puncak Jayawijaya. Gunung ini merupakan satu – satunya gunung yang diselimuti salju di wilayah Indonesia. Meskipun tidak semua puncak di pegunungan Jayawijaya ini bersalju.
          Gunung ini juga termasuk dalam tipe Alpine Glaciation jika dilihat dari tipe gletsernya. Sedangkan di tempat yang lebih rendah dari puncak tertinggi, dapat dikategorikan kedalam tipe Valley Glacier. Valley Glacier merupakan gletser yang mencair sehingga turun dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Dapat dipastikan, di wilayah Pegunungan ini juga terdapat sungai es. Fenomena ini tidak akan bisa anda temui di belahan bumi manapun. Sangat unik dan mengagumkan. Puncak Jayawijaya masuk dalam “ Seven Summit ” yaitu tujuh puncak benua, dan biasa dikenal sebagai Piramida Carstenz. Puncak Jaya diselimuti oleh salju dan suhunya sangat dingin serta minim oksigen. Puncak Jaya juga salah satu puncak gunung bersalju yang terdapat di perlintasan garis khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani yang diselimuti tudung putih. Jika matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan namun tetap mengagumkan. Kandungan Es di Pegunungan Jayawijaya diperkirakan mencapai 5% dari cadangan Es Dunia yang berada di luar Benua Antartika.
           Luas salju abadinya sekitar 5800 hektar. Namun salju abadi yang ada di Pegunungan itu diprediksi akan mengalami penyusutan dari tahun ke tahun akibat pemanasan global. Jika dilihat dari tipe gletser (aliran lumeran salju) kawasan bersalju Gunung Jayawijaya adalah tipe Alpine Glaciation. Oleh karenanya dimungkinkan terdapat aliran sungai es di daerah tersebut. Penemu puncak tersebut dadalah Jan Carstensz yang merupakan penjelajah asal Belanda. Oleh karena itu Puncaknya dinamakan juga Puncak Carstensz. Puncak yang tertutup salju itu pertama kali didaki olehnya pada tahun 1623. Dan pendaki setelah dia baru bisa sampai pada tahun 1963.


1.1 Puncak Jayawijaya





Sumber :
http://www.chbqm.com/2017/05/fenomena-alam-salju-abadi-di-gunung.html
http://aldheamaschula.blogspot.co.id/2016/11/salju-abadi-jayawijaya.html
https://www.twisata.com/puncak-jaya-wijaya-papua-pegunungan-tertinggi-yang-ada-di-indonesia/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...