Minggu, 02 Juli 2017

FENOMENA ALAM

TUGAS MATEMATIKA & IAD
Iva Dhiandra Ritmayola
13516628 / 1PA12


Fenomena Alam

Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia (mis. bakteripenuaanbencana alam). Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapicuaca, dan pembusukan.

Sebagian besar fenomena alam tak berbahaya seperti hujan. Fenomena alam seperti letusan gunung berapi, tsunami dan tornadodianggap berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.Fenomena adalah hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia.


1. Bioluminescence



Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia
Bioluminescence merupakan fenomena makhluk hidup yang memancarkan cahaya. Salah satu contoh yang sering Anda lihat yaitu kunang-kunang. Anda bahkan tidak menyangka makhluk ini banyak hidup di dalam air. Banyak jenis plankton yang bercahaya di dalam air. Cahaya diproduksi oleh plankton untuk melindungi diri dari gangguan. Pada saat mereka berenang di malam hari dan menyadari akan datangnya gangguan, cara pertahanan diri mereka adalah dengan cahaya. Ketika ribuan cahaya tersebut menerangi secara bersama-sama akan muncul fenomena alam yang indah dan menakjubkan.

2. Petir Vulkanik



Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia
Petir Vulkanik terjadi bukan di saat hujan, namun ketika gunung berapi meletus. Fenomena petir vulkanik ini terjadi akibat puing-puing bermuatan positif yang dilepaskan ke atmosfer selama letusan gunung berapi. Puing-puing bermuatan positif ini kemudian berinteraksi dengan negatif di udara dan menyebabkan petir. Fenomena menakjubkan ini telah terjadi dan disaksikan di Alaska, Islandia dan Italia.

3. Batu Berlayar



Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia
Fenomena ini merupakan fenomena geologi yang membuat batu bergerak melintasi tanah halus. Mereka bergerak dengan sendirinya dan jauh dari tempat asalnya. Fenomena aneh ini sudah diamati oleh Death Valley, seorang ilmuan California selama beberapa dekade. Penelitian ini akhirnya menemukan bahwa fenomena alam ini terjadi disebabkan oleh lembaran sangat tipis dari yang mencair. Kemudian ditambah dengan hembusan angin, membuat batu bergerak tanpa ada yang memindahkannya.

4. Aurora Borealis


Fenomena alam yang paling menakjubkan di dunia
Aurora Borealis yang juga dikenal dengan cahaya utara atau lampu kutub merupakan fenomena alam berupa cahaya alam,i yang biasanya berlangsung di Antartika. Cahaya ini disebabkan oleh energi magnetik di atmosfer. Namun masih ada penjelasan tentang fenomena mankjubkan ini dari kepercayaan Norse dan Aborigin yang mengartikan cahaya ini dibawa oleh nenek moyang yang telah mati. Nama Aurora itu sendiri berasal dari kata Romawi yang berarti fajar.

5. Air Terjun Api



Sebuah pemandangan langka nan unik baru-baru ini terjadi di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Bagaimana tidak? Di taman nasional tersebut terdapat air terjun bernama Horsetail Falls yang berbeda dari yang lainnya.
Jika biasanya air terjun mengeluarkan air yang jernih, maka di Horsetail Falls air yang dikeluarkan malah berwarna jingga kemerah-merahan. Maka tak heran, jika banyak pengunjung yang menyebutnya dengan fenomena air terjun api.

Seperti yang dilansir CBS, fenomena unik ini hanya bisa terjadi beberapa hari dalam setahun, tepatnya pada 2 minggu terakhir di bulan Februari. Dan di tahun ini, Taman Nasional Yosemite mulai kebanjiran pengunjung dari berbagai negara yang ingin melihat fenomena memanjakan mata ini.
Waktu dan tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena langka ini adalah saat matahari akan terbenam di area bernama El Capitan. Pihak taman nasional mengklaim jika tahun 2017 ini menjadi tahun terbaik untuk menyaksikan keindahan air terjun Horsetail Falls.

Pada kenyataannya, fenomena ini hanyalah ilusi semata. Air yang dikeluarkan sebenarnya jernih seperti pada umumnya. Namun ketika sudut pencahayaan matahari yang terbenam mengenai sisi yang tepat, maka akan menghasilkan fenomena layaknya api.
Meskipun begitu, fenomena langka ini sangat bergantung terhadap kondisi awan dan temperatur udara


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...