Selasa, 04 Juli 2017

TUGAS MATEMATIKA dan ILMU ALAMIAH DASAR 9#


Nama : Aqila Shabirah 
NPM: 11516002
Kelas : 1PA12


Pertemuan 9 

 Si Penyebab Keadaan Alam Memburuk

Hari ini saya akan mencoba membahas mengenai keadaan alam kita sekarang. Keadaan alam di bumi yang kita pijak sampai detik ini, sungguh memprihatinkan. Keadaan alam menjadi sangat memprihatinkan tidak lepas dari banyaknya faktor yang menyebabkan memburuknya keadaan di bumi ini, faktor-faktor tersebut antara lain: 

1. Pemanasan Global 

sisidesa.com
 Isu-isu mengenai pemanasan global sudah tersebar di belahan dunia manapun akan tetapi kita masih saja sering tidak menyadari bahwa pemanasan global bukan hanya sekadar isu belaka. Sudah banyak sekali dampak akibat pemanasan global yang terjadi, seperti sering terjadinya badai besar setiap tahun, air pasang surut semakin meninggi, banjir dimana-mana karena volume air semakin meningkat, es di kutub mulai mencair dan setiap tahunnya berkurang berjuta-juta kubik dan masih banyak lagi dampak yang disebabkan oleh pemanasan global.

2. Perubahan Struktur Tanah

Hasil gambar untuk pemanasan global
liputan6.com
Setiap memasuki musim penghujan, daerah tanah yang dulunya tidak mengalami banjir, kini bisa terendam banjir. Salah satu sebab tanah mengalami penurunan kualitas dan sudah tidak bisa menyerap air secara maksimal. Ini dikarenakan banyaknya pembangunan gedung-gedung tinggi dan pertumbuhan manusia yang meningkat di setiap tahunnya. Hal inilah yang menyebabkan tanah semakin padat karena terus menerus menopang beban yang sangat berat di atasnya.

3. Peningkatan Karbondioksida (CO2) di Atmosfer


Hasil gambar untuk karbondioksida
webwib.com

Berdasarkan catatan ilmuwan menyatakan bahwa di atmosfer bumi mengandung karbondioksida 40% lebih banyak daripada oksigen. Hal ini diperburuk oleh pembabatan hutan untuk lahan pemukiman, pabrik tambang, dan pabrik industri yang mengakibatkan udara disekitar kita tidak segar lagi.

4. Hutan Lenyap Dengan Cepat


Hasil gambar untuk hutan gundul
lintasnasional.com
Seperti yang sudah dibahas tadi, hutan sekarang ini cepat sekali lenyap dari permukaan bumi, data telah menyebutkan bahwa 1-1,5 hektar telah hilang setiap detiknya, hal ini mengakibatkan produksi oksigen untuk proses pernapasan makhluk hidup di bumi semakin berkurang dan kalau hal ini berlanjut maka dalam 40 tahun kedepan hutan sudah tidak ada lagi.




5. Hewan dan Tanaman Punah dengan Cepat

Hasil gambar untuk harimau
boombastis.com
Hal ini dipengaruhi oleh habitat dan tempat tinggal mereka serta pemburuan liar, hutan-hutan telah ditebangi sehingga mereka tidak lagi punya tempat tinggal dan makanan mereka, yang mengakibatkan  mereka semua cepat sekali punah dari muka bumi. Menurut data telah menyebutkan bahwa bumi telah kehilangan 137 jenis tanaman dan hewan setiap harinya.

Berdasarkan faktor-faktor yang sudah kita bahas di atas tadi, kini sudah banyak dilakukan oleh manusia. Kita sebagai manusia yang menyadari bahwa faktor-faktor di atas sangat merusak alam bumi kita, marilah kita mencoba melindungi dan mempertahankan alam di bumi ini berawal dari hal-hal kecil seperti membuang sampah di tempat sampah atau menanam tanaman-tanaman yang bisa di tanam di sekitar pekarangan rumah kita.




Source:
https://prezi.com/ncvau0gvbjel/keadaan-bumi-semakin-memburuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...